Rabu, 26 September 2012

modul prakuliah



Modul Prakuliah
Open Source

logo artabuana.jpg



STIKOM ARTHA BUANA
KUPANG 2012



Open Source
Open source adalah gerakan yang berlandaskan semangat merdeka, bahwa teknologi (khususnya perangkat lunak) tidak selayaknya disembunyikan dan dikuasai oleh segelintir orang demi alasan rahasia perusahaan. Gerakan ini dipelopori oleh Richard Stallman pada tahun 1990-an. Kini, gerakan Open Source ini merupakan kerja-sama sedunia yang melibatkan jutaan hackers. Mereka semua secara suka-rela membuat bagian-bagian perangkat lunak yang kemudian bisa dipadukan secara sinergis menjadi sistem operasi dan aplikasi yang lengkap. Itu semua berguna bagi manusia, dan juga membuka kesempatan bagi semua orang untuk belajar teknologinya. Kali ini, mari kita hidupkan semangat itu dengan berbagi ilmu, dilandasi rasa syukur telah menjadi lebih pintar, dan mampu berkarya karena open source.

"May the source be with you" :D
Open source adalah sistem pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber (source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas komunikasi internet).

Pola Open Source ini memiliki ciri bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi, yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.

Pengembangan Linux bersifat open source artinya source code dari aplikasi pembentuk sistem dan aplikasi lainnya diberikan secara terbuka sehingga setiap orang dapat melakukan modifikasi atau kustomisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

Pada intinya konsep sumber terbuka adalah membuka “kode sumber” dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini terasa aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat lunak. Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Sumber terbuka hanya sebatas itu. Artinya, dia tidak harus gratis. Definisi sumber terbuka yang asli adalah seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition)/Definisi sumber terbuka. Pergerakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka saat ini membagi pergerakannya dengan pandangan dan tujuan yang berbeda. Sumber terbuka adalah pengembangan secara metodelogi, perangkat lunak tidak bebas adalah solusi suboptimal. Bagi pergerakan perangkat lunak bebas, perangkat lunak tidak bebas adalah masalah sosial dan perangkat lunak bebas adalah solusi.














GNU DAN UNIX
            GNU adalah suatu sistem perangkat-perangkat lunak operasi komputer bebas.Namanya yang sepenuhnya terdiri dari merupakan akronim berulang untuk GNU's Not UNI  (GNU bukanlah UNIX). nama itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.Pengembangan GNU dimulakan oleh Richard Stallman dan merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF). GNU bawah dikembangkan bantuan projek Komponen-komponen GNU oleh Proyek GNU, bernama paket -paket dan program-program yang dirilis GNU atau program -program di GNU .

dasar sistem ini terdiri dari GNU Compiler Collection (GCC), Binary Utilities (binutils), shell bash, GNU C library (glibc), dan GNU Core Utilities (coreutils). GNU selalu dikembangkan. Kendati hampir semua komponen telah lama dirampungkan dan telah digunakan untuk proses produksi selama satu dasawarsa atau lebih, kernel resminya, GNU Hurd, tidaklah lengkap dan tidak semua komponen GNU dapat berjalan dengannya. Dengan demikian, kernel Linux sebagai pihak ketiga paling banyak dipakai untuk menggantikannya. Sementara kernel ini tidak secara resmi diadopsi oleh projek GNU, beberapa perangkat lunak pihak ketiga disertakan, misalnya X.Org yang dirilis
oleh X Window System dan sistem typesetting TeX. Banyak program GNU juga telah diportasi ke beberapa sistem operasi lain, misalnya Microsoft Windows, varian BSD, Sun Solaris, dan Mac OS.
Lisensi Publik Umum GNU (GPL), LGPL, dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) ditulis untuk GNU, tetapi juga dipakai oleh banyak projek yang tidak bersangkutan.

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan 1970-an,. UNIX ini bisa dikatakan sebagai Embahnya segala OS. UNIX didesain sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California, Berkeley.

GNU,KERNEL DAN LIVE CD
GNU/Linux adalah sebuah sistem operasi yang diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds seorang mahasiswa Universitas Helsinki Finlandia di tahun 1991.Proyek GNU ini diluncurkan pada tahun
1984 untuk mengembangkan sebuah sistem operasi lengkap mirip UNIX berbasis perangkat lunak bebas: yaitu sistem GNU (GNU merupakan akronim berulang dari “GNU‟s Not Unix”; GNU dilafalkan dengan “genyu”). Varian dari sistem operasi GNU, yang menggunakan kernel Linux, dewasa ini telah digunakan secara meluas.

Walau pun sistem ini sering dirujuk sebagai “Linux”, sebetulnya lebih tepat jika disebut sistem GNU/Linux. Ada salah satu fitur atau kemampuan yang sangat menarik dari GNU/Linux yang belum ada pada sistem operasi populer lainnya, yaitu menjalankan sistem operasi dan aplikasi lengkap tanpa menginstalnya di hard disk. Dengan cara ini dengan mudah kita dapat menggunakan GNU/Linux di komputer orang lain karena tak perlumenginstalnya (tak perlu mengutak-atik hard disk dan partisinya). Sejarah sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyekprogram bebas freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun 1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini — kecuali kernel.

Torvalds dan pembuat kernel seperti Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU, dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU. Beberapa distro Linux Live CD yang banyak dipakai antara lain Knoppix, SUSE Live Eval, Mandrake Move, Gentoo Live CD, Slackware Live CD dll. Meskipun bentuknya Live CD, tetapi distro tersebut memiliki fungsi yang sama dengan distro-distro terinstal.
Di dalam CD tersebut, sudah terdapat paket-paket umum yang biasa kita jumpai di distro Linux besar, seperti: OpenOffice, KOffice, XMMS, GIMP, Konqueror, dan sebagainya. Namun ada beberapa pengecualian, yaitu beberapa paket yang memang sangat besar dan kiranya tidaklah umum digunakan CD yang terbatas, yaitu oleh sekitar home user, mengingat kapasitas 700MB.

Kepraktisan itu ada batasnya karena selama operasionalnya, Linux Live CD tidak mempunyai sebuah tempat khusus di dalam harddisk. Linux Live CD hanya memiliki tempat di memori utama (RAM), sehingga setelah di-restart, semua isi RAM akan dikosongkan dan Linux Live CD harus melakukan inisialisasi ulang untuk mendeteksi semua perangkat keras yang dimiliki oleh user. Selain itu, kinerja dari Linux Live CD sendiri juga tidak bisa maksimal, karena kecepatan komputer untuk mengakses CD-ROM jauh lebih lambat dibandingkan dengan kecepatan mengakses harddisk.

Dalam ilmu komputer, kernel adalah suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi. Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras komputer secara aman. Istilah Linux sebetulnya hanya mengacu pada kernel dari suatu sistem operasi. Kernel adalah Jembatan antara hardware dan aplikasi-aplikasi yg menterjemahkan bahasa software sehingga mampu dimengerti dan diproses oleh hardware sesuai dengan permintaan. Karena akses terhadap perangkat keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal tersebut dinamakan sebagai multiplexing.

Akses kepada perangkat keras secara langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada akhirnya memudahkan pekerjaan programer. Sebuah kernel sistem operasi tidak harus ada dan dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Program dapat langsung dijalankan secara langsung di dalam sebuah mesin (contohnya adalah CMOS pembuat program tersebut membuat program tanpa adanya Setup) sehingga dukungan para dari sistem operasi atau hardware abstraction. Cara kerja seperti ini, adalah cara kerja yang digunakan pada zaman awal-awal dikembangkannya komputer (pada sekitar tahun 1950).

Kerugian dari diterapkannya metode ini adalah pengguna harus melakukan reset ulang komputer tersebut dan memuatkan program lainnya untuk berpindah program, dari satu program ke program lainnya. Selanjutnya, para pembuat program tersebut membuat beberapa komponen program yang sengaja ditinggalkan di dalam komputer, seperti halnya loader atau debugger, atau dimuat dari dalam ROM (Read- Only Memory). Seiring dengan perkembangan zaman komputer yang mengalami akselerasi yang signifikan, metode ini selanjutnya membentuk apa yang disebut dengan kernel sistem operasi.

Perangkat Lunak OPEN SOURCE terbaik sampai saat ini (menurut riset pengguna):
·        Linux. Sistem Operasi.
·        OpenOffice.org. Pengolah kata (wordprocessor).
·        Gimp. Pengolah gambar/foto.
·        Firefox. Web browser.
·        Filezilla. FTP Client.
·        Apache. Web Server.
·        Qmail. Mail Server.
·        MySQL. Database Server.
·        Proftpd. FTP Server.
·        Putty. Aplikasi Remote.
·        Mplayer, xmms. Aplikasi Multimedia.
·        Vim. Editor Text.
·        Thunderbird. Mail Client.
·        Squirrelmail. Webmail.
·        AVG Free, ClamAV. Anti virus.
·        Squid. Proxy Server.
·        Bind. DNS Server.
·        phpMyAdmin. Tools.
·        Joomla. Aplikasi CMS untuk Web Portal
·        Dia. Pengolah grafik, bisa buat bikin gambar topologi.
·        WordPress. CMS untuk buat situs blog.
·        php. Scripting Web.
·        SMF. Forum CMS.
·        iptables. Firewal.
·        awstats. Web Statistik
·        dan banyak lainnya bisa di unduh di www.sourceforge.net

Course Objective
Penyajian pelatihan OpenOffice.org\Libere Office 3 adalah sebagai berikut :
1.    Modul pelatihan OpenOffice ini menggunakan OpenOffice versi 3.0.0 pada distribusi Linux Ubuntu, walaupun modul OpenOffice ini disusun menggunakan Linux Ubuntu namun dapat pula diterapkan pada distro linux maupun sistem operasi lainnya.
2.    Pemaparan modul menggunakan bahasa Indonesia
3.    Materi yang di ajarkan adalah OpenOffice Writer, OpenOffice Calc dan OpenOffice Impress
4.    Dalam pelatihan ini pula peserta di haruskan untuk memiliki CD Installer Linux Ubuntu 12.
5.    Modul pelatihan di distribusikan dengan bebas (GPL)
Diharapkan dari pelatihan ini partisipan :
1.    Dapat melakukan Instalasi OpenOffice pada Linux
2.    Memahami OpenOffice secara umum
3.    Dapat menggunakan dan mengoperasikan OpenOffice Writer
4.    Dapat menggunakan dan mengoperasikan OpenOffice Calc
5.    Dapat menggunakan dan megoperasikan OpenOffice Impress
6.    Dapat melakukan Ekspor file OpenOffice ke format PDF






OpenOffice.org 3.0
Pendahuluan
Pengembangan OpenOffice.org dimulai pada bulan Oktober 2000 oleh komunitas open source dimana Sun MicroSystem pada saat itu telah menyumbangkan kode program StarOffice. Sun MicroSystem sebagai sponsor/ donatur utama dalam pengembangan aplikasi perkantoran OpenOffice.org
(http://www.OpenOffice.org) tersebut, sehingga dapat dikatakan sejarah pengembangan OpenOffice.org bermula dari aplikasi perkantoran StarOffice. OpenOffice.org sendiri telah mengalami banyak perubahan serta penambahan fitur-fitur semenjak dikembangkan. Pada tahun 2011 OpenOffice berganti nama menjadi LibreOffice dan di gunakan di semua distro Linux Versi terakhir OpenOffice.org adalah versi Libreoffice 3
Penambahan-penambahan fitur OpenOffice.org salah satunya adalah tampilan mirip dengan aplikasi Microsoft Office. Selain itu juga OpenOffice.org dapat berjalan pada berbagai platform sistem operasi seperti linux, windows, solaris dan Mac OS.
OpenOffice.org memiliki dua lisensi yaitu GNU General Public License dan SISSL (Sun Industri Standard Source License). Penggunaan dua lisensi tersebut sangat membantu bagi pengguna maupun programmer
dalam pengembangan OpenOffice.org. Lisensi GNU, General Public License akan menjadikan produk tersebut bebas digunakan dan dikembangkan. Sedangkan license SISSL dari Sun akan terus tetap mengontrol interoprabilitas dan kompatiblitas dari OpenOffice.org sehingga tetap terjaga kehandalannya.
Paket OpenOffice.org
OpenOffice.org 3.0.0 terdiri dari beberapa aplikasi perkantoran, yaitu :
ü  OpenOffice.org Writer, yang digunakan untuk melakukan pengolahan kata
ü  OpenOffice.org Call, yang digunakan untuk aplikasi pengolah angka
ü  OpenOffice.org Impress, yang digunakan untuk membuat file presentasi.
ü  OpenOffice.org Draw, yang digunakan untuk mengolahan citra (gambar)
ü  OpenOffice.org Base, yang digunakan untuk pengolah database
ü  OpenOffice.org Formula, yang digunakan untuk menampilkan rumus-rumusmatematika dan lainnya






Open Document Format (ODF)
Setiap file atau dokumen yang dihasilkan oleh suatu aplikasi memiliki extension dibelakangnya. Extention ini menunjukkan identitas suatu dokumen, jadi kita bisa mengetahui dokumen tersebut diproduksi oleh software apa.
Contoh pada OpenOffice.org, tiap dokumen yang diproduksi itu merupakan Open Document format (ODF) dengan spesifikasi Open Document Text (ODT) untuk dokumen yang berupa teks dokumen, Open Document Presentation (ODP) untuk dokumen berupa presentasi dan Open Document Sheet (ODS) untuk dokumen ya yang berupa lembar kerja.
Hal yang mendukung penggunaan software Open Source adalah adanya Standardisasi spesifikasi, seperti adanya Format Dokumen yang perlu untuk pertukaran Naskah-naskah, yaitu menggunakan Open Document Format atau ODF yang telah menjadi Standar ISO (International Standards Organizaion).
Adanya standar ISO ini memungkinkan interoperabilitas antar software-software, baik itu Open Source maupun Proprietary.
Solusi lain adalah dengan menggunakan OpenOffice.org bertahap atau secara penuh. OpenOffice.org juga mendukung atas extention-extention file MS-Office 97/2000/XP. Gambar berikut memperlihatkan format file OpenOffice.org yang dapat di simpan dalam format MS-Office.










Menjalankan OpenOffice.org Writer
Writer adalah bagian dari OpenOffice.org yang digunakan sebagai aplikasi pengolah kata. Kegiatan –kegiatan pengolahan kata berupa pembuatan laporan, penulisan proposal, pembuatan surat, penulisan karya ilmiah, penulisan buku/ artikel dan lain sebagainya dapat dikerjakan menggunakan OpenOffice.org Writer. OpenOffice.org Writer ini mirip dengan Microsoft Word, selain kedua jenis aplikasi pengolah kata tersebut masih terdapat aplikasi serupa seperti halnya StarOffice, Abiword, Kword, Wordstart (WS) dan lain-lain.
OpenOffice.org Writer yang digunakan dalam pembahasan materi ini adalah versi 3.0.0 yang telah jadi satu dalam Ubuntu 12, Writer memiliki kemampuan dalam pengelolaan dokumen berbasis teks. Penggunaan style yang dapat dimanfaatkan guna membuat dokumen dengan cepat serta tertata dengan baik, penggunaan track change guna memonitor aslian dokumen, menulis dokumen spreadsheet/ presentation pada area Writer dapat dilakukan dengan mudah serta mampu mengenali extention DOC dari Microsoft.
OpenOffice.org Writer selain di Linux dapat berjalan pula pada sistem Windows, Solaris dan MacOS. Menjalankan OpenOffice.org Writer klik pada menu Aplikasi | perkantoran | OpenOffice.org Writer




Menu OpenOffice.org Writer
Menu-menu OpenOffice.org Writer terdiri atas :
1.    Menu File, yaitu menu-menu yang berkaitan dengan operasi file seperti menyimpan dokumen, membuka file, ekspor ke pdf, melakukan/ pengatur pencetakan dan keluar dari file tersebut.
2.    Menu edit, yaitu menu-menu yang berkaitan dengan penyutingan dokumen.
3.    Menu View, yaitu menu-menu yang berkaitan dengan tampilan.
4.    Menu format, yaitu menu-menu yang berhubungan dengan pengaturan formatdokumen
5.    Menu Table, yaitu menu-menu yang berkaitan dengan pengaturan serta penyuntingan tabel
6.    Menu Tools, yaitu menu-menu yang berkaitan dengan pengaturan perkakas-perkakas tertentu
7.    Menu Windows, yaitu menu-menu yang digunakan untuk pengaturan jendela OpenOffice.org Writer
8.    Menu Help, yaitu menu-menu untuk pengaturan fasilitas bantuan.

Icon Toolbar Writer
Icon
Keterangan
A description...
New, membuat dokumen baru.
A description...
Open, membuka dokumen
A description...
save, untuk menyimpan dokumen
A description...
Edit, untuk mengedit dokumen
A description...
Export, untuk mengeksport file ke format PDF
A description...
Print, untuk mencetak dokumen secara cepat
A description...
Spelling & Grammar, untuk mengejaan text (off)
A description...
AutoSpellcheck, untuk mengecek ejaan text (on)
A description...
Cut, untuk memotong karakter teks
A description...
Copy, untuk meng-copy teks dokumen
A description...
Paste, untuk menempel (paste) teks dokumen hasil dari copy-an
A description...A description...
Undo dan redo, untuk kembali/ membatalkan kegiatan/ aksi
A description...
Font, menentukan tipe dari font/ huruf
A description...
Aligment, menentukan perataan paragraf
A description...
Numbering/ bullets
A description...
Font color, menentukan warna dari font/ huruf
A description...
Background color, menentukan warna latar belakang paragraf
A description...
Font, menentukan jenis huruf dan ukuran huruf
A description...
Styles, menentukan jenis style yang digunakan

Mengenali shortcut key Writer
Standar shortcut key pada writer berikut ini dapat diterapkan pada Calc maupun Impress. Lebih tepatnyashortcut key ini secara garis besar digunakan pada OpenOffice.org, yaitu :
• Cut (Control+X)
• Copy (Control+C)
• Paste (Control+V)
• Undo (Control+Z)
• Redo (Control+Y)
• save (Control+S)
• Open (Control+O)
• New (Control+N)



Membuat Dokumen Sederhana
Anda dapat bekerja dalam mengolah kata seperti membuat dokumen sederhana, membuat surat, artikel, buku/ makalah sampai dengan membuat dokumen yang kompleks. Ketika lembar kerja Writer diaktifkan maka sebuah lembar writer yang disiapkan untuk dilakukan pekerjaan pengolah kata.
Membuat Dokumen Baru
Membuat dokumen baru pada OpenOffice.org Writer dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu ;
1. Melalui Menu File | New | Text Dokumen
2. klik new pada icon toolbar (icon toobar new tepat berada dibawah menu File)
3. Kombinasi tombol Ctrl + N
Menyimpan Dokumen Baru
Untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut :
1. Melalui Menu File | save atau save As (simpan dengan nama lain)
2. klik save pada icon toolbar disket
3. Kombinasi tombol Ctrl + S
Setelah itu akan muncul window baru untuk penyimpanan file, ketikkan nama file pada kotak dialog Nama dan juga memilih tipe extention file dokumen. Bila anda tidak memilih tipe extention file maka secara default Writer akan menyimpan dengan format extention ODT. Mengatur penyimpanan dokumen writer dalam format lain secara otomatis dapat di atur pada bagian Options | Load/Save | General

Selain itu format extention DOC, writer mendukung extention lainnya seperti html, xml, rtf. Jika diperlukan dokumen dapat di simpan dengan menggunakan password, caranya cukup lakukan atau centang pada kotak save with password
Ekspor Dokumen ke PDF
OpenOffice.org menyediakan fasilitas ekspor ke format Portable Document Format. PDF merupakan suatu format standar dokumen yang digunakan dalam teknologi informasi.
Untuk melakukan ekspor ke PDF dapat dilakukan dengan cara berikut.
1.    Melalui menu File | Export as PDF atau
2.    Klik pada icon toolbar PDF A description...Detail bahasan ekspor file ke PDF dibahas pada bab selanjutnya
Membuka Dokumen
Membuka dokumen yang telah disimpan dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ;
1.    Melalui Menu File | Open
2.    Klik Open pada icon toolbar direktori
3.    Kombinasi tombol Ctrl + O


Menutup Dokumen
Membuka dokumen yang telah disimpan dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ;
1.    Melalui Menu File | Close (menutup dokumen aktif)
2.    Melalui Menu File | Exit (menutup semua dokumen dan keluar dari OpenOffice.org Writer)
3.    Kombinasi tombol Ctrl + Q Saat dokumen ditutup ketika belum disimpan maka akan muncul kotak dialog konfirmasi yaitu save (menyimpan dokumen), Discard (menutup tanpa disimpan) dan Cancel (membatalkan penutupan dokumen).

A description...




Format Halaman Dokumen
Sebelum pekerjaan penulisan dokumen dimulai hal yang paling umum dilakukan adalah mempersiapkan dan mengatur lembar kerja halaman yang akan digunakan. Persiapan dan pengaturan lembar kerja dokumen misalnya pengaturan ukuran kertas, pengaturan header/footer, pengaturan catatan kaki (footnote), pengaturan kolom dan sebagainya.

Untuk mengatur format halaman dokumen klik pada menu Format | Page sehingga terlihat seperti pada gambar. Pada kotak dialog Page Style, terdiri atas Organizer, Page, Background, Header, Footer, Borders, Columns dan Footnote
A description...
Pengaturan Halaman Organizer
Bagian Organizer terdiri dari Name, Next Style dan Category. Pengaturan ini berfungsi untuk menentukan format halaman dokumen berikutnya. Dokumen pada halaman satu dengan lainnya memiliki format yang sama disebabkan oleh penggunaan Next Style yang sama. Secara standar setiap halaman dokumen menggunakan style dengan nama “Default”.

Pada gambar 28 style aktif dengan nama “Default” dan style berikutnya dengan nama “Default”, yang berarti halaman 1 dan halaman 2 menggunakan format yang sama yaitu “Default'. Bila ingin mengatur setiap halaman memiliki format yang berbeda misalnya halaman pertama format A4, halaman kedua format Tabloid dan halaman ketiga format Letter. Pengaturan ini sangat mudah, anda hanya cukup memilih next style (next style untuk tiap halaman tidak boleh sama) yang digunakan kemudian mengatur format halaman pada masing-masing halaman dokumen tersebut.
A description...
Menentukan Ukuran Halaman Kertas
Secara default satuan ukuran halaman kertas adalah Letter dengan ukuran lebar 21,59 cm dan panjang 27,94 cm. Untuk merubah ukuran kertas serta batas margin klik pada menu Format | Page. Pada kotak dialog Page Style pilih Page, sehingga akan muncul gambar  berikut :
A description...
Menentukan Header dan Footer
Header adalah area yang digunakan untuk meletakkan fields atau berupa informasi dibagian atas halaman, sementara footer serupa dengan header tetapi diletakkan pada bagian bawah halaman. Pada Header/Footer anda dapat memasukkan nomor halaman, judul bab, nama pengarang dan sebagainya.
Untuk mengaktifkan Header/Footer klik menu Format | Page, pada kotak dialog Page Style klik pada tab Footer atau Header
A description...
Memasukkan Nomor Halaman
Untuk menampilkan penomoran halaman dokumen di bagian bawah. Langkah pertama adalah mengaktifkan footer dengan cara klik menu Insert | Footer | Default sehingga akan muncul kotak pada bagian bawah dokumen. Masuk pada area tersebut kemudian klik pada menu Insert | Fields | Page Number
A description...


Footnode dan Endnote
Catatan kaki footnote adalah catatan penjelasan dari suatu teks dokumen yang berada tepat di bawah halaman dokumen dan biasanya berada satu halaman dengan halaman yang diberi catatan kaki tersebut.
Cacatan kaki dapat berupa angka atau karakter dengan posisi superscript di sebelah kanan teks tersebut. endnote mirip dengan footnote, namum pada endnote catatan kaki berada pada bagian akhir dokumen. Untuk menggunakan footnote atau endnote posisikan kursor tepat pada kanan teks kemudian klik menu Insert | Footnote sehingga muncul gambar seperti berikut.
A description...
Pada gambar diatas catatan kaki secara default adalah “Automatic” berupa angka yang di mulai dari angka 1 dan nilainya akan bertambah untuk catakan kaki berikutnya. Pilihan lain adalah karakter yang dapat di inputkan secara manual misalnya di mulai dari “10” atau menggunakan karakter huruf “a
A description...
Untuk memasukkan karakter spesial pada catatan kaki dapat dilakukan dengan memilih kotak dibawah kotak teks karakter. Pada bagian type tentukan catatan kaki Footnote atau Endnote, tekan OK, selanjutnya akan muncul halaman untuk menuliskan catatan kaki tersebut.







Membuat Kolom
Sebuah dokumen dapat dipecah menjadi beberapa kolom. Pengaturan kolom dilakukan dengan cara mengaktifkan menu Format | Columns atau format| Page Coloumns, kemudian menentukan jumlah kolom. Untuk mengubah ukuran tiap kolom hilangkan checkbox pada Automatic Width kemudian ubah pada bagian width untuk tiap kolom.
A description...

Format Karakter
Dalam penulisan dokumen karakter dapat diatur sesuai kebutuhan. Format karakter mengatur beberapa hal yaitu jenis huruf, penggunaan efek huruf, posisi, pengaturan link dan pengaturan warna latar.
Pengaturan karakter dilakukan dari menu Format | Character dan pada kotak dialog secara default yang ditampilkan adalah bagian Font. Selanjutnya menentukan format karakter sesuai kebutuhan di bagian kotak dialog tersebut yang meliputi jenis Font, Font Effect, Position, Hyperlink dan Background
A description...


Format Paragraf Dokumen
Rangkaian teks suatu dokumen membentuk suatu paragraf sebagai suatu bentuk berkesinambungan antara bab-bab dokumen tersebut. Paragraf antar bab satu dengan lainnya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan akan penulisan dokumen tersebut. Di paragraf anda dapat menentukan indent dari suatu teks, jarak spasi antara paragraf, jarak baris, pengaturan perataan, penomoran, pengaturan tabulasi, drop caps dan borders.
Untuk mengatur paragraf dilakukan dengan cara menentukan suatu paragraf dokumen kemudian klik pada menu Format | Paragraph
A description...

Format Indentasi dan Spasi
Pada bagian kotak dialog Paragraph, tab pertama adalah Indent & Spacing yang mengatur indentasi dan spasi. Indent & Spacing terdiri dari 3 bagian yaitu Indent, Spacing dan Line spacing.
1. Bagian Indent digunakan untuk mengatur jarak sisi paragraf dan sisi margin.
Before text, mengatur jarak paragraf sisi kiri dengan margin kiri
After text, mengatur jarak paragraf sisi kanan dengan margin kanan
First Line, mengatur jarak pada baris pertama paragraf lebih ke dalam paragraf dari pada baris berikutnya dan seterusnya.
2. Bagian Spacing digunakan untuk mengatur jarak spasi antara paragraf satu dengan lainnya.
Above Paragraph, mengatur jarak spasi paragraf dengan paragraf di atasnya sedangkan
Below Paragraph, mengatur jarak spasi paragraf dengan paragraf dibawahnya
3. Bagian Line Spacing, mengatur jarak spasi antara baris paragraf. Terdiri atas single, 1.5 lines, Double, Proportional, At least, Leading dan Fixed.

A description...

Format Perataan Paragraf
Perataan paragraf adalah pengaturan teks-teks yang berada pada posisi terdekat margin kiri maupun kanan. Perataan diatur pada tab kedua kotak dialog Paragraph yaitu dengan memilih Alignment, dengan mengaktifkan pilihan perataan yaitu rata kiri (Left), rata kanan (Right), rata tengah (Center) dan rata penuh (Justified). Cara lain perataan paragraf dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard yaitu ctrl+l (rata kiri), ctrl+r (rata kanan), ctrl+e (rata tengah) dan ctrl+j (rata penuh/ rata kedua sisi)

A description...






Membuat Drops Caps
Drops Caps adalah fasilitas untuk membuat sebuah karakter menjadi lebih besar dari yang lain. Drop caps biasanya digunakan pada awal paragraf.
A description...

Menggunakan Find & Replace
Fasilitas find dan replace digunakan untuk mencari kata-kata dalam dokumen dan kemudian menggantikan kata-kata tersebut dengan kata-kata baru. Untuk mengaktif fungsi ini klik pada menu Edit | Find & Replace atau dengan shourtcut Ctrl + H
A description...
Pada bagian Search ketikkan kata yang akan dicari atau diganti dan pada bagian Replace With ketikkan kata penggantinya.





AutoSpellcheck
AutoSpellcheck adalah fasilitas yang digunakan untuk memeriksa kesalahan ejaan dalam format bahasaInggris. Jika penulisan dokumen dalam bahasa Indonesia sementara fitur autoSpellcheck sedang diaktifkan maka hampir dipastikan ejaan dokumen akan tampil garis merah berombok di bawah kata tersebut. Ini disebabkan tulisan dalam bahasan Indonesia tidak dimasukkan dalam kamus. Untuk menonaktifkan/ mengaktifkan fungsi ini, klik pada Icon ABC
A description...

Bekerja Dengan Tabel
Membuat tabel dengan mengaktifkan menu Insert | Table atau shortcut Crtl F12 sehingga akan muncul kotak dialog Insert Table seperti terlihat pada gambar
A description...

jumlah kolom dan baris tabel misalnya kolom “5” dan baris “4”. Beberapa opsi yang perlu diatur adalah :
§  Heading, untuk menentukan heading pada tabel. Heading merupakan baris pertama pada tabel yang digunakan untuk menuliskan judul
§  Repeat Heading, untuk menentukan pengulangan pada baris baru heading jika ukuran tabel lebih dari satu halaman.
§  The First, untuk menentukan jumlah baris baru dari tabel yang akan menjadi heading
§  Don't Split Table, untuk mencegah tabel melebihi satu halaman.
§  Border, digunakan untuk memberikan bingkai pada tabel
§  Autoformat, untuk membuat tabel lebih menarik.A description...

Cara lain membuat tabel secara cepat dapat memanfaatkan tombol Table pada toolbar, perhatikan gambar berikut :
A description...
Pengaturan Tabel
Toolbar Table akan muncul ketika kursor tepat berada di dalam tabel, lihat pada gambar
A description...
Toolbar Table digunakan untuk pengaturan tabel. Ketika kursor diarahkan pada tombol-tombol toolbar sebagai berikut :
§  Table, untuk membuat tabel baru
§  Line Color, menentukan jenis warna bingkai tabel
§  Line Style, menentukan jenis bingkai pada sel tabel
§  Border, menentukan sisi sel bingkai tabel
§  Background, untuk menentukan warna latar belakang sel tabel
§  Merge, mengabungkan sel-sel tertentu
§  Split cells, untuk memecah sel tabel
§  Optimize, untuk melakukan optimasi ukuran baris dan kolom tabel
§  Top, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara rata atas.
§  Center, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara rata tengah.
§  Bottom, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara rata bawah.
§  Insert Row, untuk menambah satu kolom sel tabel dibawah posisi kursor
§  Insert Column, untuk menambah satu baris sel tabel disamping kanan posisi kursor
§  Delete Row, menghapus kolom sel tabel
§  Delete Column, menghapus baris sel tabel
§  Autoformat, untuk menampilkan kotak dialog Autoformat
§  Table Properties, menampilkan tabel properties
§  Sort, mengurutkan item-item tabel
§  Sum, melakukan penjumlahan pada isi tabel yang berupa angka.
Menyisipkan Obyek
Dalam penulisan naskah dokumen seperti penulisan proposal, surat-surat, buku atau makalah maupun artikel rasanya kurang lengkap jika tidak dikombinasikan dengan obyek lain. Obyek lain yang dimaksudkan adalah obyek berupa gambar, berupa grafik, berupa formula dan bahkan berupa obyek OLE. Denganmenyisipkan obyek-obyek tersebut naskah dokumen menjadi lebih punya nilai sehingga memberikan kesan yang baik (profesional). Menyisipkan obyek OLE dimulai dari menu Insert | Object | OLE, kemudian memilih obyek OLE yang di inginkan. Obyek OLE ini dapat berupa obyek spreadsheet, grafik, formula, drawing dan presentation. Naskah dokumen pengolahan kata dapat disisipkan obyek lain misalnya spreadsheet yang mana pada area tersebut seolah-seolah sedang bekerja di aplikasi spreadsheet itu sendiri.
Menyisipkan Gambar
Selain obyek OLE, gambar dapat disisipkan, caranya dari menu Insert | Picture | Form File, setelah itu pilih gambar yang akan disisipkan.
A description...

Bila dirasa perlu, gambar-gambar dapat edit terkait dengan pengaturan ukuran gambar, penamaan gambar, penempatan gambar diantara teks, penyisipan link gambar, pengaturan flip gambar, pemotongan gambar, borders serta mengatur warna latar gambar.
Untuk melakukan pengaturan gambar caranya adalah double klik pada obyek gambar tersebut. Contoh gambar berikut memperlihatkan pengaturan gambar yang berada di antara teks
A description...
Fields
OpenOffice.org writer menyediakan layanan untuk menyisipkan fields, yang dapat digunakan untuk beberapa keperluan seperti menyisipkan penomoran halaman, tanggal secara otomatis, menyisipkan pengarang dokumen dan sebagainya.
Memasukkan fields klik pada menu Insert | Fields, kemudian pilih jenis field yang diinginkan misalnya field date, field time, field number, field page count dan beberapa fields lainnya
















Menggunakan Mail Merge
Mail Merge adalah fasilitas untuk membuat surat masal yang dikirimkan ke banyak orang (penerima) hanya dengan sekali dibuat oleh pengirim. Fungsi ini sangat membantu anda untuk mengirimkan surat yang sama terhadap orang yang berbeda-beda.
Cara membuat mail merge :
1. Buat master surat, misalnya undangan Sebagai contoh Master Surat yang akan dibuat adalah sebagai berikut
Depok, 20 Mei 2009
Kepada Yth :
Bapak
Di
Kota
Kode Pos
Telp.
Dengan Hormat,

Kami dari PT. Ardelindo Aples, dengan alamat Jln. Margonda Raya No. 535 E Depok 16424, Depok Indonesia, mengundang Bapak/Ibu
Nama              :
Alamat             :
Untuk mengikuti pelatihan OpenOffice yang akan dilaksanakan di 20 Kota Indonesia

Hormat Kami

Hasan B. Usman Lamatungga
Ardelindo

2. Buat data alamat atau data source yang terdiri atas nama, alamat, kota, kode pos dan telepon. Gunakan fasilitas bibliograpy, dengan cara klik View | DataSource, klik simbol + pada bagian kiri Bibliograpy | Tables, klik kanan biblio pilih “edit database file” dan klik Tables | Create Table in Design View
A description...Isikan field-field data sourcenya, selanjutnya klik File | Save

A description...

Klik File | save, isikan nama file pada bagian table name misalnya “data_source”, tekan OK

A description...
Muncul dibagian kiri “data_sourceyang telah dibuat sementara dibagian kanan memuat field-field data yang perlu anda masukkan.
A description...
Selanjutnya posisikan kursor di field tertentu misalnya field telepon kemudian drag & drop ke dokumen master. Atur pengaturan posisi field-field tersebut sehingga terlihat rapi, field-field tersebut akan terlihat berwarna abu-abu. Untuk melihat hasil mail merge klik Menu File | Print, pada lembar konfirmasi klik Yes

A description...
Untuk mencetak dokumen surat berantai sebanyak data yang di inputkan (dalam contoh ini 3 lembar) dengan memilih pilihan printer. Namum bila diputuskan untuk mencetak di lain waktu pilih file. Keluaran dalam bentuk akan membentuk dokumen surat sebagai single dokumen maupun individual dokumen.
A description...




























OpenOffice.org.org calc

Calc adalah aplikasi spreadsheet atau pengolah angka yang merupakan bagian dari OpenOffice.org.org. Calc mirip dengan Microsoft Excel dari Microsoft sehingga pengguna yang sebelumnya telah menggunakan Excel untuk migrasi ke calc pada dasarnya tidaklah sulit. Selain itu juga OpenOffice.org calc  mendukung format dari excel sehingga fasilitas ini sangat membantu bila anda nantinya putuskan untuk migirasi ke OpenOffice.org Calc
Menjalankan OpenOffice.org calc
OpenOffice.org.org calc dapat dijalankan dari start Menu Aplikasi | Perkantoran | Spreadsheet atau dari Menu File |New | Spreadsheet

Memahami Lembar Kerja Spreadsheet
Halaman lembar kerja dari spreadsheet disebut dengan sheet, OpenOffice.org versi 3.0 ke atas menyediakan sekitar 65536 baris dan IV kolom. Secara default sheet pada spreadsheet ada 3 yaitu sheet1, sheet2 dan sheet3. Sheet ini dapat tambahan, dihapus maupun di edit. Perpaduan baris dan kolom ini disebut dengan sel yaitu tempat terjadi pengolahan data dari input yang dimasukkan baik berupa teks, angka, mata uang, jam, maupun field yang lainnya.
A description...

Operasi Pada Sel
Sel adalah perpaduan baris dan kolom, tempat eksekusi data. Untuk memilih sel pada baris dan kolom klik mouse pada title baris dan kolom, perhatikan sel pada baris dan kolom yang dipilih akan berubah warna menjadi hitam. Anda juga dapat menyembunyikan baris dan kolom tertentu dengan cara klik kanan mouse pada tittle baris atau kolom kemudian pilih “hide”, untuk menampilkan kembali baris atau kolom tersebut pilih “show”.
Format Sel
Sel dapat di format untuk mengatur tipe data yang akan di inputkan. Beberapa pengaturan sel adalah pengaturan tipe data angka, pengaturan tipe font, efek font, perataan, bolders, background dan proteksi sel. Pengaturan tipe data angka (numbers) terdiri atas number, percent, currency (mata uang), date, time, scientific, fraction, boolean value dan text. Format sel dapat dilakukan dari menu Format | Cells sehingga akan muncul gambar berikut :
A description...

Fungsi OpenOffice.org calc
Fungsi adalah rumus yang sudah terdefinisi untuk melakukan operasi aritmatika. Semua fungsi ditulis dengan tanda awalan sama dengan (=). OpenOffice.org Calc mendukung fungsi – fungsi seperi berikut :
1. Fungsi matematika
2. Fungsi Logika
3. Fungsi Statistik
4. Fungsi Text/ String
5. Fungsi Spreadsheet
6. Fungsi Tanggal dan Waktu
7. Fungsi DataBase
8. Fungsi Finansial
9. Fungsi Information
10. Fungsi Array
11. Add-in
Secara umum penulisan fungsi calc adalah = nama_fungsi (data ; result)
A description...
Modul ini tidak membahas secara keseluruhan fungsi OpenOffice.org Calc, namum beberapa fungsi yang sering digunakan, misalnya :
1. Fungsi kategori Matematika
Yang termasuk dalam fungsi matematika di antaranya adalah :
a. COS
Mencari nilai COS dari suatu nilai dalam sel, misalnya COS 90 = -0.45.
Notasi = COS (angka)
contoh = COS(90)
b. SIN
Kebalikan dari COS, misalnya SIN 90 = 0.45
Notasi = SIN (angka)
contoh = SIN (90)
c. INT
Fungsi Pembulatan yang terdekat.
Notasi = INT (angka)
Contoh = INT(4.555)
Nilai akhir adalah 4.
d. ROUND
Fungsi pembulatan desimal tertentu
Notasi = ROUND (angka; jumlah desimal)
Contoh = ROUND (4.323;2)
e. SUM
Fungsi Penjumlahan.
Notasi =SUM (nilai1 ; nilai 2)
Contoh = SUM (5;10)
f. ABS
Fungsi untuk mengambil nilai absolut suatu angka. Fungsi ini bisa hanya mengubah bilangan negatif ke bilangan positif.
Notasi = ABS (nilai)
contoh = ABS (-2)
g. EXP
Fungsi untuk menampilkan hasil pemangkatan dengan bilangan dasar e (2.7182818).
Notasi = EXP (angka)
Contoh = EXP (2) = 7.39
2. Fungsi Statistik
a. AVERAGE
Mencari nilai rata-rata data dalam range
Notasi = AVERAGE (range)
Contoh = AVERAGE (B3;B7)
b. COUNT
Mencari jumlah data angka dalam range
Notasi = COUNT (range)
Contoh = COUNT (B3;B7)
c. MAX
Mencari data tertinggi dalam range
Notasi = MAX (range)
Contoh = MAX (B3;B7)
d. MEDIAN
Mencari median / nilai tengah data dalam range
Notasi = MEDIAN (range)
Contoh = MEDIAN (B3;B7)
e. MIN
Mencari nilai minimal dalam range
Notasi = MIN (range)
Contoh = MIN (B3;B7)
f. STDEV
Mencari modus standard deviasi dalam range sample data
Notasi = STDEV (range)
Contoh = STDEV (B3;B7)
g. MODE
Mencari modus data dalam range
Notasi = MODE (range)
Contoh = MODE (B3;B7)

Contoh Kasus 1 :
TABEL PENGELUARAN RUTIN BULANAN
UD SINAR JAYA
Bulan Januari – Juni 2012
No
Jenis
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
1
Listrik
28000
69000
28000
75000
28000
85000
2
Air
65000
10000
65000
25000
65000
69000
3
Pajak Bumi
58520
47000
58520
10000
58520
10000
4
Transportasi
85000
36000
85000
85000
85000
58520
5
Konsumsi
69000
75000
69000
69000
69000
85000
6
Lain-lain
10000
25000
10000
10000
10000
69000

Jumlah







Rata-rata







Maximal







Minimal






3. Fungsi Logika
Untuk membuat ekspresi logika yang menyatakan benar (true) atau salah (false) digunakan operator seperti :
>         Lebih besar dari
>=       Lebih besar atau sama dengan
<          Lebih kecil dari
<=       Lebih kecil dari atau sama dengan
=          Sama dengan
<>       Tidak sama dengan

a.AND
Fungsi AND akan memberikan hasil TRUE, bila semua argument yang ada adalah benar sebaliknya akan dihasilkan FALSE bila ada salah satu argument yang salah.
Notasi = AND (Ekspresi logika 1 ; Ekspresi logika 2 ; ...)
b. OR
Fungsi ini akan memberikan hasil TRUE bila salah satu atau lebih dari argument yang ada adalah benar, sebaliknya akan memberikan hasil salah bila tak satu pun dari argument tersebut benar.
Notasi = OR (Ekspresi logika 1 ; Ekspresi logika 2 ; ...)
c. NOT
Fungsi ini memberikan nilai kebalikan dari argument yang ada. Bernilai argument nya benar (TRUE) maka hasil dari fungi NOT adalah FALSE, sebaliknya bila argument bernilai FALSE maka hasil dari fungsi NOT adalah TRUE.
Notasi = AND (Ekspresi logika)
d. IF
Jika ekspresi logika bernilai benar maka akan dieksekusi perintah pertama, sebaliknya ekspresi bernilai salah maka akan di eksekusi perintah ke dua, dan seterusnya.
Notasi = IF (Ekspresi logika; perintah 1; perintah 2)
Contoh 2 :
Buatlah daftar Penumpan Kereta Api Jakarta – Yogyakarta, dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Data Masukan
• Nama Penumpang
• Kode BUS

Layout Masukan



Daftar Penumpang Kereta Api Jakarta – Yogyakarta
Nama Penumpang
Kode Kereta
Jenis Kelas
Harga Tiket
Catatan
Simon
E



Jems
K



Frans
E



Bunga
K



Dodi
K



Jeni
E




Ketentuan Soal :
• Jika E maka Eksekutif, atau Jika K maka Ekonomi
• Jika Eksekutif maka harga tiket Rp. 150.000,-
• Jika Ekonomi maka harga tiket Rp. 32.000,-
• Fasilitas, jika Eksekutif maka dapat makan, jika Ekonomi tidak dapat makan

Contoh 3
DAFTAR UPAH HARIAN
UD. RAMA SHINTA SURABAYA
no
Nama karyawan
Jam Kerja
Kriteria
Upah
Bonus
Tunjangan
PPN 10%
Gaji Bersih
1
Dewi
7






2
Fikar
9






3
Budi
8






4
Citra
13






5
Andi
5






6
Ismi
18






7
Pardi
10






8
Dion
11






9
Petrus
9






10
Okto
8







§  Kriteria
jika jam kerja <= 8 maka “reguler”. Jika jam kerja > 8 maka lembur
§  Upah
jika jam kerja <= 8 maka jam kerja * Rp 1000
Jika jam kerja > 8 maka 8 jam pertama * Rp 1000 di tambah lemburnya (jam kerja-8) * Rp 2000
§  Bonus
jika jam kerja < 8 maka 0% * upah
Jika jam kerja 8 s/d 10 maka 5% * upah
Jika jam kerja > 10 maka 10% * upah
§  Tunjangan
Jika lembur maka 5% * upah, jika selain itu tidak ada tunjangan
§  PPN
10% DARI UPAH + Bonus + Tunjangan
§  Gaji bersih = (upah + bonus+Tunjangan) –PPN

Membuat Grafik
Dokumen OpenOffice.org Calc tidak melulu ditampilkan dalam bentuk teks maupun dalam bentul tabeltabel tertentu. Penyajian data dalam bentuk grafik akan memberikan nuansa tersendiri dan terlihat profesional. Tipe grafik di OpenOffice.org Calc yang berbentuk kolom, bar, pie, line, area dan sebagainya dipilih dan disesuaikan dengan datanya. Artinya tidak semua bentuk grafik dapat diterapkan pada data dokumennya.
Dalam contoh ini, akan dibuat grafik dengan tipe kolom pada dokumen tabel pengeluaran bulanan suatu perusahaan.
1. Pertama soroti dan blok datanya kemudian klik Insert | Chart, pilih tipe grafik misalnya bentuk column. Aktifkan atau centang tampilan 3 D bila dirasa perlu, selanjutnya klik Next
2. Langkah berikutnya adalah menentukan data range kemudian klik Next
A description...
2. Langkah berikutnya adalah menentukan data range kemudian klik Next
A description...
3. Data series yang sudah ada dapat ditambah atau dihapus , klik Next untuk proses selanjutnya
A description...
Pada tahapan ini keterangan judul dan informasi lainnya perlu diinputkan seperti title, subtitle, X axis, Y axis dan Z axis, selanjutnya klik Finish

A description...
5. Setelah klik finish pada langkah 4 di atas, grafik berbentuk kolom 3 D akan terlihat seperti pada gambar

A description...

6. Grafik yang telah jadi dapat di edit guna melakukan beberapa perubahan yang diperlukan. Untuk mengedit grafik klik ganda pada area grafik tersebut selanjutnya akan muncul area (bingkai abuabu) yang siap di edit.
A description...
Memahami Lembar Kerja Presentasi
Layar utama OpenOffice.org Impress terdiri dari 3 bagian : slides Pane, Master Pane/ Workspace, dan Task Pane.
A description...
Berikut ini penjelasan dari gambar di atas :
1. Slide Pane : Bagian ini menampilkan slide-slide yang ada pada dokumen presentasi. Daftar slide yang ada ditampilkan sesuai dengan urutan yang ingin ditampilkan. Beberapa aksi yang dapat dilakukan pada jendela slide adalah :
• Menambahkan slide baru pada dokumen presentasi yang ada, setelah slide pertama
• Memberikan tanda pada slide tertentu agar tidak ditampilkan pada presentasi
• Mengubah nama tiap slide didalam dokumen presentasi
• Menggandakan (copy) atau memindahkan (move) isi dari sebuah slide ke slide lainnya.
2. Master Pane : Menampilan lembar kerja , pada lembar kerja ini perubahan-perubahan lembar kerja dilakukan disini. Tampilan master pane terdiri atas tampilan normal, outline, note, handout dan slide solter. Tab menu ini disebut juga sebagai View Button (Tombol Peninjau).
Berikut fungsi bagian pada tab menu :
Normal View adalah tampilan utama untuk membuat slide satu demi satu. Tampilan ini
digunakan untuk merancang slide dan memberikan teks, gambar, dan efek animasi
Outline View menampilkan judul topik, list bullet, dan list nomor untuk tiap slide yang ada pada formatoutline. Gunakan modus outline untuk mengatur ulang urutan slide, mengedit judul dan heading, dan mengatur urutan item-item yang ada didalam list, dan juga untuk menambahkan slide baru
Notes view Untuk menambahkan catatan pribadi pada tiap slide namun tidak akan ditampilkan pada presentasi
slide order view menampilkan thumbnail dari tiap urutan slide. Gunakan tampilan ini untuk mengatur urutan slide, menciptakan slide show, atau mengatur animasi perpindahan antara slide yang satu dengan yang lain
Handout view digunakan untuk mencetak slide dalam bentuk kertas. Kita dapat mengatur satu halaman terdiri dari satu, dua, tiga, empat, lima, atau enam slide.
3. Task Pane : Digunakan untuk mengedit layout halaman, memberikan efek transisi dan animasi. Pada Task pane terdiri dari 4 bagian, yaitu:
Master Pages; dibagian ini kita dapat menentukan style presentasi yang digunakan. Secara default OpenOffice.org menyertakan 4 template yang dapat digunakan. Untuk penambahan template dapat didownload.
Layout; Layout pada presentasi, OpenOffice.org menyediakan 20 model layout yang berbeda. Gunakan sesuai kebutuhan.
Custom Animation; bagian ini terdapat berbagi macam efek animasi yang dapat digunakan pada setiap elemen didalam slide. Cara membuat efek animasi akan dibahas pada bagian selanjutnya.
slide Transition; Efek pergantian slide. OpenOffice.org menyediakan 56 efek pergantian slide yang berbeda. Juga ada pengaturan kecepatan pergantian slide (slow, medium, fast). Dibagian ini juga untuk menentukan apakah pergantian slide secara otomatis dengan rentang (delay) waktu tertentu atau pergantian slide dengan cara manual (slide akan berganti ketika di klik)
4. Menu Bar : Berisika menu-menu dari Open Office Impress seperti menu File, Edit, View, insert, dan lain sebagainya
5. Tool Bar : Icon-icon yang merepresentasikan fasiltas perintah dari OpenOffice.org.impress
6. Tittle Bar : Judul dari lembar kerja aktif
7. Status Bar : Penjelasan mengenai status bar seperti jumlah slide, bahasa dan lain sebagainya

Memulai OpenOffice.org Impress
Untuk memulai OpenOffice.org Impress klik pada menu Aplikasi | Perkantoran | OpenOffice Impress atau dapat juga dijalankan melalui aplikasi OpenOffice.org yang sedang aktif. Caranya dari menu aplikasi aktif klik File | New | Presentasi

Ekspor File Dokumen OpenOffice ke Portable Document format
OpenOffice.org mempunyai fasilitas untuk mengekspor file ke portable document format atau yang lazim dikenal dengan sebutan PDF Fasilitas ini sudah terintegrasi secara otomatis ketika OpenOffice.org tersebut terinstall ke sistem, dengan demikian tidak perlu lagi melakukan instalasi tambahan fungsi ini Fasilitas ekspor file ke PDF dapat dilakukan secara terkontrol untuk mengatur kualitas serta melakukan proteksi terhadap dokumen tersebut.

Eksport File Dokumen Tidak Terkontrol
Cara ini yang paling sederhana dan cepat untuk menyimpan file dokumen dalam format PDF. Cukup klik pada icon pada bagian toolbar dengan settingan default.A description...
Eksport File Dokumen Terkontrol
Cara ini adalah cara pengaturan penyimpanan / eksport file dokumen ke dalam formatPDF secara terkontrol misalnya pengaturan beberapa halaman yang di eksport ke PDF, pengaturan kompresi image serta pengaturan kode sandi (password) pada dokumen.
Berikut ini langkah-langkah Eskport fle ke PDF secara terkontrol yaitu :
1. klik menu File | Eksport as PDF sehingga muncul kotak dialog tampilan PDF Options, dimana terdapat 5 bagian opsi dan masing-masing opsi tersebut memiliki fungsi yang berbeda yang dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2. Bagian General terdapat beberapa pilihan yaitu Range, Image dan General.
2.1 Bagian Range , menentukan hamalan mana saja yang akan eksport ke PDf
All, seluruh dokumen akan di eksport menjadi PDF
Pages, eskpor sebagian halaman menjadi PDF
Selections, mengekspor semua bagian pada file yang terseleksi ke PDF
2.2 Bagian Images , menentukan pengaturan kwalitas gambar bila di ekspor ke PDF
Lossless compression, gambar yang dieskpor menjadi PDF kualitasnya sama dengan pada file aslinya, gambar pada PDF akan terlihat bagus, namun ukuran file akan menjadi lebih besar
JPEG compression, pengaturan tingkat kualitas gambar pada file PDF sesuai dengan
kebutuhan. Kualitas gambar terlihat menurun namun ukuran file dapat ditekan.
Reduce image resolution mengurangi DPI (Dots Per Inch) gambar aslinya pada file PDF. Di sini kualitas gambar juga menjadi berkurang
2.3 Bagian General
Tagged PDF, menyertakan tag-tag khusus dalam tag PDF yang sesuai. Beberapa tag yaitu mengeksport daftar isi, hyperlinks dan controls. Namun pilihan ini dapat memperbesat ukuran file
Export notes, mengeskport catatan pada dokumen Writer atau Calc sebagai catatan PDF.
Export bookmarks, mengeksport headings sebagai 'bookmark' pada PDF
Create PDF form - Submit format
Export automatically inserted blank pages : bagian ini tidak digunakan pada impress
Create hybrid file, membuat file hybrid
3. Bagian Initial Views. Pada bagian ini berfungsi untuk meng-inialisasi tampilan atau menentukan bagaimana file tersebut ditampilkan pada saat dibaca oleh PDF viewer. Opsi dibagian ini terdiri atas Panes, Magnifaction dan Page Layout

A description...

4. Bagian User Interface, mengatur pengaturan yang dapat dilakukan pada saat PDF viewers menampilkan file PDF tersebut. Beberapa pilihan sangat berguna apabila kita membuat PDF yang akan digunakan sebagai file presentasi atau display

4.1 Bagian Window options
Resize window to initial page, jendela PDF viewer akan sesuai dengan besar halaman pertama file PDF tersebut
Center window on screen, jendela PDF viewer akan otomatis terletak pada bagian tengah layar komputer
Open in full screen mode, jendela PDF viewer akan otomatis membuka dengan modus fullscreen
Display document title, jendela PDF viewer akan menampilkan judul dokumen pada bagian tittle bar.
4.2Bagian User interface options
Hide menu bar, jendela PDF viewer akan menyembunyikan menu bar secara otomatis.
Hide toolbar, jendela PDF viewer akan menyembunyikan toolbar secara otomatis.
Hide window controls, jendela PDF viewer akan menyembunyikan jendela control,  termasuk efek khusus pergantian slide pada impress
5. Bagian Security dapat diatur penerapan kode sandi / password untuk mengenkripsi dokumen PDF.
File PDF yang sudah di sandikan (password) hanya dapat dibuka dengan menggunakan password permissions, file PDF dapat dibaca oleh semua orang, namun dengan ijin terbatas dengan mengaktifkan open password dan permission password, file PDF hanya dapat dibaca dengan memasukkan password dan dengan ijin yang terbatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar