Modul Prakuliah
Open Source
![logo artabuana.jpg](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image002.jpg)
KUPANG 2012
Open Source
Open source adalah gerakan yang
berlandaskan semangat merdeka, bahwa teknologi (khususnya perangkat lunak)
tidak selayaknya disembunyikan dan dikuasai oleh segelintir orang demi alasan
rahasia perusahaan. Gerakan ini dipelopori oleh Richard Stallman pada tahun
1990-an. Kini, gerakan Open Source ini merupakan kerja-sama sedunia yang
melibatkan jutaan hackers. Mereka semua secara suka-rela membuat bagian-bagian
perangkat lunak yang kemudian bisa dipadukan secara sinergis menjadi sistem
operasi dan aplikasi yang lengkap. Itu semua berguna bagi manusia, dan juga
membuka kesempatan bagi semua orang untuk belajar teknologinya. Kali ini, mari
kita hidupkan semangat itu dengan berbagi ilmu, dilandasi rasa syukur telah
menjadi lebih pintar, dan mampu berkarya karena open source.
"May the
source be with you" :D
Open source adalah sistem
pengembangan yang tidak dikoordinasi oleh suatu orang/lembaga pusat, tetapi
oleh para pelaku yang bekerja sama dengan memanfaatkan kode sumber
(source-code) yang tersebar dan tersedia bebas (biasanya menggunakan fasilitas
komunikasi internet).
Pola Open Source ini memiliki ciri
bagi komunitasnya yaitu adanya dorongan yang bersumber dari budaya memberi,
yang artinya ketika suatu komunitas menggunakan sebuah program Open Source dan
telah menerima sebuah manfaat kemudian akan termotivasi untuk menimbulkan
sebuah pertanyaan apa yang bisa pengguna berikan balik kepada orang banyak.
Pengembangan Linux bersifat open
source artinya source code dari aplikasi pembentuk sistem dan aplikasi lainnya
diberikan secara terbuka sehingga setiap orang dapat melakukan modifikasi atau
kustomisasi sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Pola Open Source lahir
karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang
diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan
menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain
mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan
ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan
tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.
Pada intinya konsep sumber terbuka
adalah membuka “kode sumber” dari sebuah perangkat lunak. Konsep ini terasa
aneh pada awalnya dikarenakan kode sumber merupakan kunci dari sebuah perangkat
lunak. Dengan diketahui logika yang ada di kode sumber, maka orang lain
semestinya dapat membuat perangkat lunak yang sama fungsinya. Sumber terbuka
hanya sebatas itu. Artinya, dia tidak harus gratis. Definisi sumber terbuka
yang asli adalah seperti tertuang dalam OSD (Open Source Definition)/Definisi
sumber terbuka. Pergerakan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka saat ini
membagi pergerakannya dengan pandangan dan tujuan yang berbeda. Sumber terbuka
adalah pengembangan secara metodelogi, perangkat lunak tidak bebas adalah
solusi suboptimal. Bagi pergerakan perangkat lunak bebas, perangkat lunak tidak
bebas adalah masalah sosial dan perangkat lunak bebas adalah solusi.
GNU DAN UNIX
GNU
adalah suatu sistem perangkat-perangkat lunak operasi komputer bebas.Namanya
yang sepenuhnya terdiri dari merupakan akronim berulang untuk GNU's Not
UNI (GNU bukanlah UNIX). nama itu
dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak
mengandung kode-kode UNIX.Pengembangan GNU dimulakan oleh Richard Stallman dan
merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF). GNU bawah dikembangkan
bantuan projek Komponen-komponen GNU oleh Proyek GNU, bernama paket -paket dan
program-program yang dirilis GNU atau program -program di GNU .
dasar sistem ini terdiri dari GNU
Compiler Collection (GCC), Binary Utilities (binutils), shell bash, GNU C
library (glibc), dan GNU Core Utilities (coreutils). GNU selalu dikembangkan.
Kendati hampir semua komponen telah lama dirampungkan dan telah digunakan untuk
proses produksi selama satu dasawarsa atau lebih, kernel resminya, GNU Hurd,
tidaklah lengkap dan tidak semua komponen GNU dapat berjalan dengannya. Dengan
demikian, kernel Linux sebagai pihak ketiga paling banyak dipakai untuk
menggantikannya. Sementara kernel ini tidak secara resmi diadopsi oleh projek
GNU, beberapa perangkat lunak pihak ketiga disertakan, misalnya X.Org yang dirilis
oleh X Window System dan sistem
typesetting TeX. Banyak program GNU juga telah diportasi ke beberapa sistem
operasi lain, misalnya Microsoft Windows, varian BSD, Sun Solaris, dan Mac OS.
Lisensi Publik Umum GNU (GPL),
LGPL, dan Lisensi Dokumentasi Bebas GNU (GFDL) ditulis untuk GNU, tetapi juga
dipakai oleh banyak projek yang tidak bersangkutan.
UNIX adalah sebuah sistem operasi
komputer yang dikembangkan oleh AT&T Bell Labs pada tahun 1960 dan
1970-an,. UNIX ini bisa dikatakan sebagai Embahnya segala OS. UNIX didesain
sebagai sistem operasi yang portable, multi-tasking dan multi-user. BSD adalah
salah satu turunan (varian) Unix yang dikembangkan oleh Universitas California,
Berkeley.
GNU,KERNEL DAN LIVE CD
GNU/Linux adalah sebuah sistem
operasi yang diciptakan oleh Linus Benedict Torvalds seorang mahasiswa
Universitas Helsinki Finlandia di tahun 1991.Proyek GNU ini diluncurkan pada
tahun
1984 untuk mengembangkan sebuah
sistem operasi lengkap mirip UNIX berbasis perangkat lunak bebas: yaitu sistem
GNU (GNU merupakan akronim berulang dari “GNU‟s Not Unix”; GNU dilafalkan
dengan “genyu”). Varian dari sistem operasi GNU, yang menggunakan kernel Linux,
dewasa ini telah digunakan secara meluas.
Walau pun sistem ini sering dirujuk
sebagai “Linux”, sebetulnya lebih tepat jika disebut sistem GNU/Linux. Ada
salah satu fitur atau kemampuan yang sangat menarik dari GNU/Linux yang belum
ada pada sistem operasi populer lainnya, yaitu menjalankan sistem operasi dan
aplikasi lengkap tanpa menginstalnya di hard disk. Dengan cara ini dengan mudah
kita dapat menggunakan GNU/Linux di komputer orang lain karena tak
perlumenginstalnya (tak perlu mengutak-atik hard disk dan partisinya). Sejarah
sistem operasi Linux berkaitan erat dengan proyek GNU, proyekprogram bebas
freeware terkenal diketuai oleh Richard Stallman. Proyek GNU diawali pada tahun
1983 untuk membuat sistem operasi seperti Unix lengkap — kompiler, utiliti
aplikasi, utiliti pembuatan dan seterusnya — diciptakan sepenuhnya dengan
perangkat lunak bebas. Pada tahun 1991, pada saat versi pertama kerangka Linux
ditulis, proyek GNU telah menghasilkan hampir semua komponen sistem ini —
kecuali kernel.
Torvalds dan pembuat kernel seperti
Linux menyesuaikan kernel mereka supaya dapat berfungsi dengan komponen GNU,
dan seterusnya mengeluarkan Sistem operasi yang cukup berfungsi. Oleh karena
itu, Linux melengkapi ruang terakhir dalam rancangan GNU. Beberapa distro Linux
Live CD yang banyak dipakai antara lain Knoppix, SUSE Live Eval, Mandrake Move,
Gentoo Live CD, Slackware Live CD dll. Meskipun bentuknya Live CD, tetapi
distro tersebut memiliki fungsi yang sama dengan distro-distro terinstal.
Di dalam CD tersebut, sudah
terdapat paket-paket umum yang biasa kita jumpai di distro Linux besar,
seperti: OpenOffice, KOffice, XMMS, GIMP, Konqueror, dan sebagainya. Namun ada
beberapa pengecualian, yaitu beberapa paket yang memang sangat besar dan
kiranya tidaklah umum digunakan CD yang terbatas, yaitu oleh sekitar home user,
mengingat kapasitas 700MB.
Kepraktisan itu ada batasnya karena
selama operasionalnya, Linux Live CD tidak mempunyai sebuah tempat khusus di
dalam harddisk. Linux Live CD hanya memiliki tempat di memori utama (RAM),
sehingga setelah di-restart, semua isi RAM akan dikosongkan dan Linux Live CD
harus melakukan inisialisasi ulang untuk mendeteksi semua perangkat keras yang
dimiliki oleh user. Selain itu, kinerja dari Linux Live CD sendiri juga tidak
bisa maksimal, karena kecepatan komputer untuk mengakses CD-ROM jauh lebih
lambat dibandingkan dengan kecepatan mengakses harddisk.
Dalam ilmu komputer, kernel adalah
suatu perangkat lunak yang menjadi bagian utama dari sebuah sistem operasi.
Tugasnya melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses perangkat keras
komputer secara aman. Istilah Linux sebetulnya hanya mengacu pada kernel dari
suatu sistem operasi. Kernel adalah Jembatan antara hardware dan
aplikasi-aplikasi yg menterjemahkan bahasa software sehingga mampu dimengerti
dan diproses oleh hardware sesuai dengan permintaan. Karena akses terhadap perangkat
keras terbatas, sedangkan ada lebih dari satu program yang harus dilayani dalam
waktu yang bersamaan, maka kernel juga bertugas untuk mengatur kapan dan berapa
lama suatu program dapat menggunakan satu bagian perangkat keras tersebut. Hal
tersebut dinamakan sebagai multiplexing.
Akses kepada perangkat keras secara
langsung merupakan masalah yang kompleks, oleh karena itu kernel biasanya
mengimplementasikan sekumpulan abstraksi hardware. Abstraksi-abstraksi tersebut
merupakan sebuah cara untuk menyembunyikan kompleksitas, dan memungkinkan akses
kepada perangkat keras menjadi mudah dan seragam. Sehingga abstraksi pada
akhirnya memudahkan pekerjaan programer. Sebuah kernel sistem operasi tidak
harus ada dan dibutuhkan untuk menjalankan sebuah komputer. Program dapat
langsung dijalankan secara langsung di dalam sebuah mesin (contohnya adalah
CMOS pembuat program tersebut membuat program tanpa adanya Setup) sehingga
dukungan para dari sistem operasi atau hardware abstraction. Cara kerja seperti
ini, adalah cara kerja yang digunakan pada zaman awal-awal dikembangkannya
komputer (pada sekitar tahun 1950).
Kerugian dari diterapkannya metode
ini adalah pengguna harus melakukan reset ulang komputer tersebut dan memuatkan
program lainnya untuk berpindah program, dari satu program ke program lainnya.
Selanjutnya, para pembuat program tersebut membuat beberapa komponen program
yang sengaja ditinggalkan di dalam komputer, seperti halnya loader atau
debugger, atau dimuat dari dalam ROM (Read- Only Memory). Seiring dengan
perkembangan zaman komputer yang mengalami akselerasi yang signifikan, metode
ini selanjutnya membentuk apa yang disebut dengan kernel sistem operasi.
Perangkat Lunak OPEN SOURCE terbaik
sampai saat ini (menurut riset pengguna):
·
Linux. Sistem Operasi.
·
OpenOffice.org. Pengolah kata (wordprocessor).
·
Gimp. Pengolah gambar/foto.
·
Firefox. Web browser.
·
Filezilla. FTP Client.
·
Apache. Web Server.
·
Qmail. Mail Server.
·
MySQL. Database Server.
·
Proftpd. FTP Server.
·
Putty. Aplikasi Remote.
·
Mplayer, xmms. Aplikasi Multimedia.
·
Vim. Editor Text.
·
Thunderbird. Mail Client.
·
Squirrelmail. Webmail.
·
AVG Free, ClamAV. Anti virus.
·
Squid. Proxy Server.
·
Bind. DNS Server.
·
phpMyAdmin. Tools.
·
Joomla. Aplikasi CMS untuk Web Portal
·
Dia. Pengolah grafik, bisa buat bikin gambar topologi.
·
WordPress. CMS untuk buat situs blog.
·
php. Scripting Web.
·
SMF. Forum CMS.
·
iptables. Firewal.
·
awstats. Web Statistik
Course Objective
Penyajian pelatihan
OpenOffice.org\Libere Office 3 adalah sebagai berikut :
1.
Modul pelatihan OpenOffice ini menggunakan OpenOffice versi
3.0.0 pada distribusi Linux Ubuntu, walaupun modul OpenOffice ini disusun
menggunakan Linux Ubuntu namun dapat pula diterapkan pada distro linux maupun
sistem operasi lainnya.
2.
Pemaparan modul menggunakan bahasa Indonesia
3.
Materi yang di ajarkan adalah OpenOffice Writer, OpenOffice
Calc dan OpenOffice Impress
4.
Dalam pelatihan ini pula peserta di haruskan untuk memiliki
CD Installer Linux Ubuntu 12.
5.
Modul pelatihan di distribusikan dengan bebas (GPL)
Diharapkan dari pelatihan ini
partisipan :
1.
Dapat melakukan Instalasi OpenOffice pada Linux
2.
Memahami OpenOffice secara umum
3.
Dapat menggunakan dan mengoperasikan OpenOffice Writer
4.
Dapat menggunakan dan mengoperasikan OpenOffice Calc
5.
Dapat menggunakan dan megoperasikan OpenOffice Impress
6.
Dapat melakukan Ekspor file OpenOffice ke format PDF
OpenOffice.org 3.0
Pendahuluan
Pengembangan
OpenOffice.org dimulai pada bulan Oktober 2000 oleh komunitas open source
dimana Sun MicroSystem pada saat itu telah menyumbangkan kode program
StarOffice. Sun MicroSystem sebagai sponsor/ donatur utama dalam pengembangan
aplikasi perkantoran OpenOffice.org
(http://www.OpenOffice.org) tersebut, sehingga dapat dikatakan sejarah pengembangan
OpenOffice.org bermula dari aplikasi perkantoran StarOffice. OpenOffice.org
sendiri telah mengalami banyak perubahan serta penambahan fitur-fitur semenjak
dikembangkan. Pada tahun 2011 OpenOffice berganti nama menjadi LibreOffice dan
di gunakan di semua distro Linux Versi terakhir OpenOffice.org adalah versi
Libreoffice 3
Penambahan-penambahan
fitur OpenOffice.org salah satunya adalah tampilan mirip dengan aplikasi
Microsoft Office. Selain itu juga OpenOffice.org dapat berjalan pada berbagai
platform sistem operasi seperti linux, windows, solaris dan Mac OS.
OpenOffice.org
memiliki dua lisensi yaitu GNU General Public License dan SISSL (Sun Industri
Standard Source License). Penggunaan dua lisensi tersebut sangat membantu bagi
pengguna maupun programmer
dalam
pengembangan OpenOffice.org. Lisensi GNU, General Public License akan
menjadikan produk tersebut bebas digunakan dan dikembangkan. Sedangkan license
SISSL dari Sun akan terus tetap mengontrol interoprabilitas dan kompatiblitas
dari OpenOffice.org sehingga tetap terjaga kehandalannya.
Paket OpenOffice.org
OpenOffice.org
3.0.0 terdiri dari beberapa aplikasi perkantoran, yaitu :
ü
OpenOffice.org Writer, yang digunakan untuk melakukan
pengolahan kata
ü
OpenOffice.org Call, yang digunakan untuk aplikasi pengolah
angka
ü
OpenOffice.org Impress, yang digunakan untuk membuat file
presentasi.
ü
OpenOffice.org Draw, yang digunakan untuk mengolahan citra
(gambar)
ü
OpenOffice.org Base, yang digunakan untuk pengolah database
ü
OpenOffice.org Formula, yang digunakan untuk menampilkan
rumus-rumusmatematika dan lainnya
Open Document Format (ODF)
Setiap file atau
dokumen yang dihasilkan oleh suatu aplikasi memiliki extension dibelakangnya.
Extention ini menunjukkan identitas suatu dokumen, jadi kita bisa mengetahui
dokumen tersebut diproduksi oleh software apa.
Contoh pada
OpenOffice.org, tiap dokumen yang diproduksi itu merupakan Open Document format
(ODF) dengan spesifikasi Open Document Text (ODT) untuk dokumen yang berupa
teks dokumen, Open Document Presentation (ODP) untuk dokumen berupa presentasi
dan Open Document Sheet (ODS) untuk dokumen ya yang berupa lembar kerja.
Hal yang
mendukung penggunaan software Open Source adalah adanya Standardisasi
spesifikasi, seperti adanya Format Dokumen yang perlu untuk pertukaran
Naskah-naskah, yaitu menggunakan Open Document Format atau ODF yang telah menjadi
Standar ISO (International Standards Organizaion).
Adanya standar
ISO ini memungkinkan interoperabilitas antar software-software, baik itu Open
Source maupun Proprietary.
Solusi lain
adalah dengan menggunakan OpenOffice.org bertahap atau secara penuh. OpenOffice.org
juga mendukung atas extention-extention file MS-Office 97/2000/XP. Gambar
berikut memperlihatkan format file OpenOffice.org yang dapat di simpan dalam
format MS-Office.
Menjalankan OpenOffice.org Writer
Writer adalah
bagian dari OpenOffice.org yang digunakan sebagai aplikasi pengolah kata.
Kegiatan –kegiatan pengolahan kata berupa pembuatan laporan, penulisan
proposal, pembuatan surat, penulisan karya ilmiah, penulisan buku/ artikel dan
lain sebagainya dapat dikerjakan menggunakan OpenOffice.org Writer.
OpenOffice.org Writer ini mirip dengan Microsoft Word, selain kedua jenis
aplikasi pengolah kata tersebut masih terdapat aplikasi serupa seperti halnya
StarOffice, Abiword, Kword, Wordstart (WS) dan lain-lain.
OpenOffice.org
Writer yang digunakan dalam pembahasan materi ini adalah versi 3.0.0 yang telah
jadi satu dalam Ubuntu 12, Writer memiliki kemampuan dalam pengelolaan dokumen
berbasis teks. Penggunaan style yang dapat dimanfaatkan guna membuat dokumen
dengan cepat serta tertata dengan baik, penggunaan track change guna memonitor
aslian dokumen, menulis dokumen spreadsheet/ presentation pada area Writer
dapat dilakukan dengan mudah serta mampu mengenali extention DOC dari
Microsoft.
OpenOffice.org
Writer selain di Linux dapat berjalan pula pada sistem Windows, Solaris dan
MacOS. Menjalankan OpenOffice.org Writer klik pada menu Aplikasi | perkantoran | OpenOffice.org Writer
![](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.jpg)
Menu OpenOffice.org Writer
Menu-menu OpenOffice.org Writer terdiri atas :
1.
Menu File, yaitu
menu-menu yang berkaitan dengan operasi file seperti menyimpan dokumen, membuka
file, ekspor ke pdf, melakukan/ pengatur pencetakan dan keluar dari file
tersebut.
2.
Menu edit, yaitu
menu-menu yang berkaitan dengan penyutingan dokumen.
3.
Menu View, yaitu
menu-menu yang berkaitan dengan tampilan.
4.
Menu format, yaitu
menu-menu yang berhubungan dengan pengaturan formatdokumen
5.
Menu Table, yaitu
menu-menu yang berkaitan dengan pengaturan serta penyuntingan tabel
6.
Menu Tools, yaitu
menu-menu yang berkaitan dengan pengaturan perkakas-perkakas tertentu
7.
Menu Windows, yaitu
menu-menu yang digunakan untuk pengaturan jendela OpenOffice.org Writer
8.
Menu Help, yaitu
menu-menu untuk pengaturan fasilitas bantuan.
Icon Toolbar Writer
Icon
|
Keterangan
|
![]() |
New,
membuat dokumen baru.
|
![]() |
Open,
membuka dokumen
|
![]() |
save, untuk
menyimpan dokumen
|
![]() |
Edit, untuk
mengedit dokumen
|
![]() |
Export, untuk
mengeksport file ke format PDF
|
![]() |
Print, untuk
mencetak dokumen secara cepat
|
![]() |
Spelling & Grammar, untuk mengejaan text (off)
|
![]() |
AutoSpellcheck, untuk mengecek ejaan text (on)
|
![]() |
Cut, untuk memotong karakter teks
|
![]() |
Copy, untuk meng-copy teks dokumen
|
![]() |
Paste, untuk menempel (paste) teks dokumen hasil dari copy-an
|
![]() ![]() |
Undo dan redo, untuk kembali/ membatalkan kegiatan/ aksi
|
![]() |
Font, menentukan tipe dari font/ huruf
|
![]() |
Aligment, menentukan perataan paragraf
|
![]() |
Numbering/ bullets
|
![]() |
Font color, menentukan warna dari font/ huruf
|
![]() |
Background
color, menentukan warna latar belakang paragraf
|
![]() |
Font, menentukan
jenis huruf dan ukuran huruf
|
![]() |
Styles,
menentukan jenis style yang digunakan
|
Mengenali shortcut key Writer
Standar shortcut
key pada writer berikut ini dapat diterapkan pada Calc maupun Impress. Lebih
tepatnyashortcut key ini secara garis besar digunakan pada OpenOffice.org,
yaitu :
• Cut (Control+X)
• Copy (Control+C)
• Paste (Control+V)
• Undo (Control+Z)
• Redo (Control+Y)
• save (Control+S)
• Open (Control+O)
• New (Control+N)
Membuat Dokumen Sederhana
Anda dapat bekerja dalam mengolah kata seperti membuat
dokumen sederhana, membuat surat, artikel, buku/ makalah sampai dengan membuat
dokumen yang kompleks. Ketika lembar kerja Writer diaktifkan maka sebuah lembar
writer yang disiapkan untuk dilakukan pekerjaan pengolah kata.
Membuat Dokumen Baru
Membuat dokumen baru pada OpenOffice.org Writer
dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu ;
1. Melalui Menu File | New | Text Dokumen
2. klik new pada icon
toolbar (icon toobar new tepat
berada dibawah menu File)
3. Kombinasi tombol Ctrl + N
Menyimpan
Dokumen Baru
Untuk menyimpan dokumen yang telah dibuat dapat
dilakukan dengan salah satu cara berikut :
1. Melalui Menu File | save atau save As (simpan
dengan nama lain)
2. klik save pada icon
toolbar disket
3. Kombinasi tombol Ctrl + S
Setelah itu akan muncul window baru untuk penyimpanan
file, ketikkan nama file pada kotak dialog Nama dan juga memilih tipe extention file dokumen. Bila anda
tidak memilih tipe extention file maka secara default Writer akan menyimpan dengan format extention ODT. Mengatur penyimpanan dokumen
writer dalam format lain secara otomatis dapat di atur pada bagian Options | Load/Save | General
Selain itu
format extention DOC, writer mendukung extention lainnya seperti html, xml,
rtf. Jika diperlukan dokumen dapat di simpan dengan menggunakan password,
caranya cukup lakukan atau centang pada kotak save with password
Ekspor Dokumen
ke PDF
OpenOffice.org menyediakan fasilitas ekspor ke format Portable Document
Format. PDF merupakan suatu format standar dokumen yang digunakan dalam
teknologi informasi.
Untuk melakukan ekspor ke PDF dapat dilakukan dengan cara
berikut.
1.
Melalui menu File | Export as PDF atau
2.
Klik pada icon toolbar PDF
Detail bahasan
ekspor file ke PDF dibahas pada bab selanjutnya
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image014.gif)
Membuka Dokumen
Membuka dokumen yang telah disimpan dapat dilakukan dengan
salah satu cara berikut ;
1.
Melalui Menu File | Open
2.
Klik Open pada icon toolbar direktori
3.
Kombinasi tombol Ctrl + O
Menutup Dokumen
Membuka dokumen yang telah disimpan dapat dilakukan dengan
salah satu cara berikut ;
1.
Melalui Menu File | Close (menutup dokumen
aktif)
2.
Melalui Menu File | Exit (menutup semua dokumen
dan keluar dari OpenOffice.org Writer)
3.
Kombinasi tombol Ctrl + Q Saat dokumen ditutup ketika
belum disimpan maka akan muncul kotak dialog konfirmasi yaitu save (menyimpan
dokumen), Discard (menutup tanpa disimpan) dan Cancel (membatalkan
penutupan dokumen).
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image046.gif)
Format Halaman Dokumen
Sebelum pekerjaan penulisan dokumen dimulai hal yang paling
umum dilakukan adalah mempersiapkan dan mengatur lembar kerja halaman yang akan
digunakan. Persiapan dan pengaturan lembar kerja dokumen misalnya pengaturan
ukuran kertas, pengaturan header/footer, pengaturan catatan kaki (footnote),
pengaturan kolom dan sebagainya.
Untuk mengatur format halaman dokumen klik pada menu Format
| Page sehingga terlihat seperti pada gambar. Pada kotak dialog Page
Style, terdiri atas Organizer, Page, Background, Header, Footer,
Borders, Columns dan Footnote
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image048.gif)
Pengaturan Halaman Organizer
Bagian Organizer terdiri dari Name, Next Style dan Category.
Pengaturan ini berfungsi untuk menentukan format halaman dokumen berikutnya.
Dokumen pada halaman satu dengan lainnya memiliki format yang sama disebabkan
oleh penggunaan Next Style yang sama. Secara standar setiap halaman
dokumen menggunakan style dengan nama “Default”.
Pada gambar 28 style aktif dengan nama “Default”
dan style berikutnya dengan nama “Default”, yang berarti halaman
1 dan halaman 2 menggunakan format yang sama yaitu “Default'. Bila ingin
mengatur setiap halaman memiliki format yang berbeda misalnya halaman pertama
format A4, halaman kedua format Tabloid dan halaman ketiga format
Letter. Pengaturan ini sangat mudah, anda hanya cukup memilih next
style (next style untuk tiap halaman tidak boleh sama) yang
digunakan kemudian mengatur format halaman pada masing-masing halaman dokumen
tersebut.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image050.gif)
Menentukan Ukuran Halaman Kertas
Secara default satuan ukuran halaman kertas adalah Letter dengan
ukuran lebar 21,59 cm dan panjang 27,94 cm. Untuk merubah ukuran kertas serta
batas margin klik pada menu Format | Page. Pada kotak dialog Page
Style pilih Page, sehingga akan muncul gambar berikut :
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image052.gif)
Menentukan Header dan Footer
Header adalah area yang digunakan untuk meletakkan fields atau
berupa informasi dibagian atas halaman, sementara footer serupa dengan header
tetapi diletakkan pada bagian bawah halaman. Pada Header/Footer anda
dapat memasukkan nomor halaman, judul bab, nama pengarang dan sebagainya.
Untuk mengaktifkan Header/Footer klik menu Format |
Page, pada kotak dialog Page Style klik pada tab Footer atau Header
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image054.gif)
Memasukkan Nomor Halaman
Untuk menampilkan penomoran halaman dokumen di bagian bawah.
Langkah pertama adalah mengaktifkan footer dengan cara klik menu Insert
| Footer | Default sehingga akan muncul kotak pada bagian bawah dokumen.
Masuk pada area tersebut kemudian klik pada menu Insert | Fields | Page
Number
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image056.gif)
Footnode dan Endnote
Catatan kaki footnote adalah catatan penjelasan dari
suatu teks dokumen yang berada tepat di bawah halaman dokumen dan biasanya
berada satu halaman dengan halaman yang diberi catatan kaki tersebut.
Cacatan kaki dapat berupa angka atau karakter dengan posisi superscript
di sebelah kanan teks tersebut. endnote mirip dengan footnote,
namum pada endnote catatan kaki berada pada bagian akhir dokumen. Untuk
menggunakan footnote atau endnote posisikan kursor tepat
pada kanan teks kemudian klik menu Insert | Footnote sehingga
muncul gambar seperti berikut.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image058.gif)
Pada gambar diatas catatan kaki secara default adalah “Automatic”
berupa angka yang di mulai dari angka 1 dan nilainya akan bertambah untuk
catakan kaki berikutnya. Pilihan lain adalah karakter yang dapat di inputkan
secara manual misalnya di mulai dari “10” atau menggunakan karakter
huruf “a”
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image060.gif)
Untuk memasukkan karakter spesial pada catatan kaki dapat
dilakukan dengan memilih kotak dibawah kotak teks karakter. Pada bagian type
tentukan catatan kaki Footnote atau Endnote, tekan OK,
selanjutnya akan muncul halaman untuk menuliskan catatan kaki tersebut.
Membuat Kolom
Sebuah dokumen dapat dipecah menjadi beberapa kolom.
Pengaturan kolom dilakukan dengan cara mengaktifkan menu Format | Columns atau
format| Page Coloumns, kemudian menentukan jumlah kolom. Untuk mengubah
ukuran tiap kolom hilangkan checkbox pada Automatic Width kemudian
ubah pada bagian width untuk tiap kolom.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image062.gif)
Format Karakter
Dalam penulisan dokumen karakter dapat diatur sesuai
kebutuhan. Format karakter mengatur beberapa hal yaitu jenis huruf, penggunaan
efek huruf, posisi, pengaturan link dan pengaturan warna latar.
Pengaturan karakter dilakukan dari menu Format | Character
dan pada kotak dialog secara default yang ditampilkan adalah bagian Font.
Selanjutnya menentukan format karakter sesuai kebutuhan di bagian kotak dialog
tersebut yang meliputi jenis Font, Font Effect, Position, Hyperlink dan Background
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image064.gif)
Format Paragraf Dokumen
Rangkaian teks suatu dokumen membentuk suatu paragraf sebagai
suatu bentuk berkesinambungan antara bab-bab dokumen tersebut. Paragraf antar
bab satu dengan lainnya dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan akan penulisan
dokumen tersebut. Di paragraf anda dapat menentukan indent dari suatu teks,
jarak spasi antara paragraf, jarak baris, pengaturan perataan, penomoran,
pengaturan tabulasi, drop caps dan borders.
Untuk mengatur paragraf dilakukan dengan cara menentukan
suatu paragraf dokumen kemudian klik pada menu Format | Paragraph
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image066.gif)
Format Indentasi dan Spasi
Pada bagian kotak dialog Paragraph, tab pertama adalah
Indent & Spacing yang mengatur indentasi dan spasi. Indent &
Spacing terdiri dari 3 bagian yaitu Indent, Spacing dan Line spacing.
1. Bagian Indent digunakan untuk mengatur jarak sisi paragraf
dan sisi margin.
◦ Before text, mengatur jarak paragraf sisi kiri
dengan margin kiri
◦ After text, mengatur jarak paragraf sisi kanan
dengan margin kanan
◦ First Line, mengatur jarak pada baris pertama
paragraf lebih ke dalam paragraf dari pada baris berikutnya dan seterusnya.
2. Bagian Spacing digunakan untuk mengatur jarak spasi antara
paragraf satu dengan lainnya.
◦ Above Paragraph, mengatur jarak spasi paragraf
dengan paragraf di atasnya sedangkan
◦ Below Paragraph, mengatur jarak spasi paragraf
dengan paragraf dibawahnya
3. Bagian Line Spacing, mengatur jarak spasi antara baris
paragraf. Terdiri atas single, 1.5 lines, Double, Proportional, At least,
Leading dan Fixed.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image068.gif)
Format Perataan Paragraf
Perataan paragraf adalah pengaturan teks-teks yang berada
pada posisi terdekat margin kiri maupun kanan. Perataan diatur pada tab kedua
kotak dialog Paragraph yaitu dengan memilih Alignment, dengan
mengaktifkan pilihan perataan yaitu rata kiri (Left), rata kanan (Right),
rata tengah (Center) dan rata penuh (Justified). Cara lain
perataan paragraf dapat dilakukan dengan menggunakan kombinasi tombol keyboard
yaitu ctrl+l (rata kiri), ctrl+r (rata kanan), ctrl+e (rata
tengah) dan ctrl+j (rata penuh/ rata kedua sisi)
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image070.gif)
Membuat Drops Caps
Drops Caps adalah fasilitas untuk membuat sebuah karakter menjadi lebih
besar dari yang lain. Drop caps biasanya digunakan pada awal paragraf.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image072.gif)
Menggunakan Find & Replace
Fasilitas find dan replace digunakan untuk
mencari kata-kata dalam dokumen dan kemudian menggantikan kata-kata tersebut
dengan kata-kata baru. Untuk mengaktif fungsi ini klik pada menu Edit | Find
& Replace atau dengan shourtcut Ctrl + H
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image074.gif)
Pada bagian Search ketikkan kata yang akan dicari atau
diganti dan pada bagian Replace With ketikkan kata penggantinya.
AutoSpellcheck
AutoSpellcheck adalah fasilitas
yang digunakan untuk memeriksa kesalahan ejaan dalam format bahasaInggris. Jika
penulisan dokumen dalam bahasa Indonesia sementara fitur autoSpellcheck sedang
diaktifkan maka hampir dipastikan ejaan dokumen akan tampil garis merah
berombok di bawah kata tersebut. Ini disebabkan tulisan dalam bahasan Indonesia
tidak dimasukkan dalam kamus. Untuk menonaktifkan/ mengaktifkan fungsi ini,
klik pada Icon ABC
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image076.gif)
Bekerja Dengan
Tabel
Membuat tabel
dengan mengaktifkan menu Insert | Table atau shortcut Crtl F12
sehingga akan muncul kotak dialog Insert Table seperti terlihat pada
gambar
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image078.gif)
jumlah kolom dan
baris tabel misalnya kolom “5”
dan baris “4”. Beberapa opsi
yang perlu diatur adalah :
§ Heading, untuk menentukan
heading pada tabel. Heading merupakan baris pertama pada tabel yang digunakan
untuk menuliskan judul
§ Repeat Heading, untuk
menentukan pengulangan pada baris baru heading jika ukuran tabel lebih dari
satu halaman.
§ The First, untuk
menentukan jumlah baris baru dari tabel yang akan menjadi heading
§ Don't Split
Table, untuk mencegah tabel melebihi satu halaman.
§ Border, digunakan
untuk memberikan bingkai pada tabel
§ Autoformat, untuk membuat
tabel lebih menarik.![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image080.gif)
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image080.gif)
Cara lain
membuat tabel secara cepat dapat memanfaatkan tombol Table pada toolbar,
perhatikan gambar berikut :
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image082.gif)
Pengaturan Tabel
Toolbar Table akan muncul
ketika kursor tepat berada di dalam tabel, lihat pada gambar
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image084.gif)
Toolbar Table digunakan untuk pengaturan tabel. Ketika kursor diarahkan
pada tombol-tombol toolbar sebagai berikut :
§
Table, untuk membuat tabel baru
§
Line Color, menentukan jenis warna bingkai tabel
§
Line Style, menentukan jenis bingkai pada sel tabel
§
Border, menentukan sisi sel bingkai tabel
§
Background, untuk menentukan warna latar belakang sel tabel
§
Merge, mengabungkan sel-sel tertentu
§
Split cells, untuk memecah sel tabel
§
Optimize, untuk melakukan optimasi ukuran baris dan kolom tabel
§
Top, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara
rata atas.
§
Center, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara
rata tengah.
§
Bottom, untuk menentukan perataan vertikal teks dalam sel secara
rata bawah.
§
Insert Row, untuk menambah satu kolom sel tabel dibawah posisi kursor
§
Insert Column, untuk menambah satu baris sel tabel disamping kanan posisi
kursor
§
Delete Row, menghapus kolom sel tabel
§
Delete Column, menghapus baris sel tabel
§
Autoformat, untuk menampilkan kotak dialog Autoformat
§
Table Properties, menampilkan tabel properties
§
Sort, mengurutkan item-item tabel
§
Sum, melakukan penjumlahan pada isi tabel yang berupa angka.
Menyisipkan
Obyek
Dalam penulisan
naskah dokumen seperti penulisan proposal, surat-surat, buku atau makalah
maupun artikel rasanya kurang lengkap jika tidak dikombinasikan dengan obyek
lain. Obyek lain yang dimaksudkan adalah obyek berupa gambar, berupa grafik,
berupa formula dan bahkan berupa obyek OLE. Denganmenyisipkan obyek-obyek
tersebut naskah dokumen menjadi lebih punya nilai sehingga memberikan kesan
yang baik (profesional). Menyisipkan obyek OLE dimulai dari menu Insert |
Object | OLE, kemudian memilih obyek OLE yang di inginkan. Obyek OLE ini
dapat berupa obyek spreadsheet, grafik, formula, drawing dan presentation.
Naskah dokumen pengolahan kata dapat disisipkan obyek lain misalnya spreadsheet
yang mana pada area tersebut seolah-seolah sedang bekerja di aplikasi spreadsheet
itu sendiri.
Menyisipkan
Gambar
Selain obyek
OLE, gambar dapat disisipkan, caranya dari menu Insert | Picture | Form File,
setelah itu pilih gambar yang akan disisipkan.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image086.gif)
Bila dirasa
perlu, gambar-gambar dapat edit terkait dengan pengaturan ukuran gambar,
penamaan gambar, penempatan gambar diantara teks, penyisipan link gambar,
pengaturan flip gambar, pemotongan gambar, borders serta mengatur warna latar
gambar.
Untuk melakukan
pengaturan gambar caranya adalah double klik pada obyek gambar tersebut.
Contoh gambar berikut memperlihatkan pengaturan gambar yang berada di antara
teks
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image088.gif)
Fields
OpenOffice.org writer
menyediakan layanan untuk menyisipkan fields, yang dapat digunakan untuk
beberapa keperluan seperti menyisipkan penomoran halaman, tanggal secara
otomatis, menyisipkan pengarang dokumen dan sebagainya.
Memasukkan fields
klik pada menu Insert | Fields, kemudian pilih jenis field yang
diinginkan misalnya field date, field time, field number, field page count dan
beberapa fields lainnya
Menggunakan Mail Merge
Mail Merge adalah fasilitas untuk membuat surat masal yang dikirimkan ke
banyak orang (penerima) hanya dengan sekali dibuat oleh pengirim. Fungsi ini
sangat membantu anda untuk mengirimkan surat yang sama terhadap orang yang
berbeda-beda.
Cara membuat mail merge :
1. Buat master surat, misalnya undangan Sebagai contoh Master
Surat yang akan dibuat adalah sebagai berikut
Depok, 20 Mei 2009
Kepada Yth :
Bapak
Di
Kota
Kode Pos
Telp.
Dengan Hormat,
Kami dari PT. Ardelindo Aples, dengan alamat Jln. Margonda
Raya No. 535 E Depok 16424, Depok Indonesia, mengundang Bapak/Ibu
Nama :
Alamat :
Untuk mengikuti pelatihan OpenOffice yang akan dilaksanakan
di 20 Kota Indonesia
Hormat Kami
Hasan B. Usman Lamatungga
Ardelindo
2. Buat data alamat atau data source yang terdiri atas nama,
alamat, kota, kode pos dan telepon. Gunakan fasilitas bibliograpy,
dengan cara klik View | DataSource, klik simbol + pada bagian
kiri Bibliograpy | Tables, klik kanan biblio pilih “edit
database file” dan klik Tables | Create Table in Design View
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image090.gif)
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image092.gif)
Klik File | save, isikan nama file pada bagian table
name misalnya “data_source”, tekan OK
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image094.gif)
Muncul dibagian kiri “data_source” yang telah
dibuat sementara dibagian kanan memuat field-field data yang perlu anda
masukkan.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image096.gif)
Selanjutnya posisikan kursor di field tertentu misalnya field
telepon kemudian drag & drop ke dokumen master. Atur pengaturan
posisi field-field tersebut sehingga terlihat rapi, field-field tersebut akan
terlihat berwarna abu-abu. Untuk melihat hasil mail merge klik Menu File |
Print, pada lembar konfirmasi klik Yes
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image098.gif)
Untuk mencetak dokumen surat berantai sebanyak data yang di
inputkan (dalam contoh ini 3 lembar) dengan memilih pilihan printer.
Namum bila diputuskan untuk mencetak di lain waktu pilih file. Keluaran
dalam bentuk akan membentuk dokumen surat sebagai single dokumen maupun individual
dokumen.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image100.gif)
OpenOffice.org.org calc
Calc adalah aplikasi spreadsheet atau pengolah angka yang
merupakan bagian dari OpenOffice.org.org. Calc mirip dengan Microsoft
Excel dari Microsoft sehingga pengguna yang sebelumnya telah
menggunakan Excel untuk migrasi ke calc pada dasarnya tidaklah
sulit. Selain itu juga OpenOffice.org calc
mendukung format dari excel sehingga fasilitas ini sangat
membantu bila anda nantinya putuskan untuk migirasi ke OpenOffice.org Calc
Menjalankan OpenOffice.org calc
OpenOffice.org.org calc dapat dijalankan dari start Menu
Aplikasi | Perkantoran | Spreadsheet atau dari Menu File |New |
Spreadsheet
Memahami Lembar Kerja Spreadsheet
Halaman lembar kerja dari spreadsheet disebut dengan sheet,
OpenOffice.org versi 3.0 ke atas menyediakan sekitar 65536 baris dan IV
kolom. Secara default sheet pada spreadsheet ada 3 yaitu sheet1, sheet2
dan sheet3. Sheet ini dapat tambahan, dihapus maupun di edit.
Perpaduan baris dan kolom ini disebut dengan sel yaitu tempat terjadi
pengolahan data dari input yang dimasukkan baik berupa teks, angka, mata uang,
jam, maupun field yang lainnya.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image102.jpg)
Operasi Pada Sel
Sel adalah perpaduan baris dan kolom, tempat eksekusi data.
Untuk memilih sel pada baris dan kolom klik mouse pada title baris dan
kolom, perhatikan sel pada baris dan kolom yang dipilih akan berubah warna
menjadi hitam. Anda juga dapat menyembunyikan baris dan kolom tertentu dengan
cara klik kanan mouse pada tittle baris atau kolom kemudian pilih
“hide”, untuk menampilkan kembali baris atau kolom tersebut pilih “show”.
Format Sel
Sel dapat di format untuk mengatur tipe data yang akan di
inputkan. Beberapa pengaturan sel adalah pengaturan tipe data angka, pengaturan
tipe font, efek font, perataan, bolders, background dan proteksi sel.
Pengaturan tipe data angka (numbers) terdiri atas number, percent, currency
(mata uang), date, time, scientific, fraction, boolean value dan text. Format
sel dapat dilakukan dari menu Format | Cells sehingga akan muncul gambar
berikut :
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image104.gif)
Fungsi OpenOffice.org calc
Fungsi adalah rumus yang sudah terdefinisi untuk melakukan
operasi aritmatika. Semua fungsi ditulis dengan tanda awalan sama dengan (=). OpenOffice.org
Calc mendukung fungsi – fungsi seperi berikut :
1. Fungsi matematika
2. Fungsi Logika
3. Fungsi Statistik
4. Fungsi Text/ String
5. Fungsi Spreadsheet
6. Fungsi Tanggal dan Waktu
7. Fungsi DataBase
8. Fungsi Finansial
9. Fungsi Information
10. Fungsi Array
11. Add-in
Secara umum penulisan fungsi calc adalah = nama_fungsi
(data ; result)
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image106.gif)
Modul ini tidak membahas secara keseluruhan fungsi OpenOffice.org
Calc, namum beberapa fungsi yang sering digunakan, misalnya :
1. Fungsi kategori Matematika
Yang termasuk dalam fungsi matematika di antaranya adalah :
a. COS
Mencari nilai COS dari suatu nilai dalam sel, misalnya COS 90
= -0.45.
Notasi = COS (angka)
contoh = COS(90)
b. SIN
Kebalikan dari COS, misalnya SIN 90 = 0.45
Notasi = SIN (angka)
contoh = SIN (90)
c. INT
Fungsi Pembulatan yang terdekat.
Notasi = INT (angka)
Contoh = INT(4.555)
Nilai akhir adalah 4.
d. ROUND
Fungsi pembulatan desimal tertentu
Notasi = ROUND (angka; jumlah desimal)
Contoh = ROUND (4.323;2)
e. SUM
Fungsi Penjumlahan.
Notasi =SUM (nilai1 ; nilai 2)
Contoh = SUM (5;10)
f. ABS
Fungsi untuk mengambil nilai absolut suatu angka. Fungsi ini
bisa hanya mengubah bilangan negatif ke bilangan positif.
Notasi = ABS (nilai)
contoh = ABS (-2)
g. EXP
Fungsi untuk menampilkan hasil pemangkatan dengan bilangan
dasar e (2.7182818).
Notasi = EXP (angka)
Contoh = EXP (2) = 7.39
2. Fungsi Statistik
a. AVERAGE
Mencari nilai rata-rata data dalam range
Notasi = AVERAGE (range)
Contoh = AVERAGE (B3;B7)
b. COUNT
Mencari jumlah data angka dalam range
Notasi = COUNT (range)
Contoh = COUNT (B3;B7)
c. MAX
Mencari data tertinggi dalam range
Notasi = MAX (range)
Contoh = MAX (B3;B7)
d. MEDIAN
Mencari median / nilai tengah data dalam range
Notasi = MEDIAN (range)
Contoh = MEDIAN (B3;B7)
e. MIN
Mencari nilai minimal dalam range
Notasi = MIN (range)
Contoh = MIN (B3;B7)
f. STDEV
Mencari modus standard deviasi dalam range sample data
Notasi = STDEV (range)
Contoh = STDEV (B3;B7)
g. MODE
Mencari modus data dalam range
Notasi = MODE (range)
Contoh = MODE (B3;B7)
Contoh Kasus 1 :
TABEL PENGELUARAN RUTIN BULANAN
UD SINAR JAYA
Bulan Januari – Juni 2012
No
|
Jenis
|
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
1
|
Listrik
|
28000
|
69000
|
28000
|
75000
|
28000
|
85000
|
2
|
Air
|
65000
|
10000
|
65000
|
25000
|
65000
|
69000
|
3
|
Pajak
Bumi
|
58520
|
47000
|
58520
|
10000
|
58520
|
10000
|
4
|
Transportasi
|
85000
|
36000
|
85000
|
85000
|
85000
|
58520
|
5
|
Konsumsi
|
69000
|
75000
|
69000
|
69000
|
69000
|
85000
|
6
|
Lain-lain
|
10000
|
25000
|
10000
|
10000
|
10000
|
69000
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata
|
|
|
|
|
|
|
|
Maximal
|
|
|
|
|
|
|
|
Minimal
|
|
|
|
|
|
|
3. Fungsi Logika
Untuk membuat ekspresi logika yang menyatakan benar (true)
atau salah (false) digunakan operator seperti :
> Lebih besar dari
>= Lebih besar
atau sama dengan
< Lebih
kecil dari
<= Lebih kecil
dari atau sama dengan
= Sama dengan
<> Tidak
sama dengan
a.AND
Fungsi AND akan memberikan hasil
TRUE, bila semua argument yang ada adalah benar sebaliknya akan dihasilkan
FALSE bila ada salah satu argument yang salah.
Notasi = AND (Ekspresi logika 1
; Ekspresi logika 2 ; ...)
b. OR
Fungsi ini akan memberikan hasil
TRUE bila salah satu atau lebih dari argument yang ada adalah benar, sebaliknya
akan memberikan hasil salah bila tak satu pun dari argument tersebut benar.
Notasi = OR (Ekspresi logika 1 ;
Ekspresi logika 2 ; ...)
c. NOT
Fungsi ini memberikan nilai
kebalikan dari argument yang ada. Bernilai argument nya benar (TRUE) maka hasil
dari fungi NOT adalah FALSE, sebaliknya bila argument bernilai FALSE maka hasil
dari fungsi NOT adalah TRUE.
Notasi = AND (Ekspresi logika)
d. IF
Jika ekspresi logika bernilai benar
maka akan dieksekusi perintah pertama, sebaliknya ekspresi bernilai salah maka
akan di eksekusi perintah ke dua, dan seterusnya.
Notasi = IF (Ekspresi logika;
perintah 1; perintah 2)
Contoh 2 :
Buatlah daftar Penumpan Kereta Api Jakarta – Yogyakarta,
dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut : Data Masukan
• Nama Penumpang
• Kode BUS
Layout Masukan
|
||||
Daftar Penumpang Kereta Api Jakarta – Yogyakarta
|
||||
Nama Penumpang
|
Kode Kereta
|
Jenis Kelas
|
Harga Tiket
|
Catatan
|
Simon
|
E
|
|
|
|
Jems
|
K
|
|
|
|
Frans
|
E
|
|
|
|
Bunga
|
K
|
|
|
|
Dodi
|
K
|
|
|
|
Jeni
|
E
|
|
|
|
Ketentuan
Soal :
• Jika E maka Eksekutif, atau Jika
K maka Ekonomi
• Jika Eksekutif maka harga tiket
Rp. 150.000,-
• Jika Ekonomi maka harga tiket Rp.
32.000,-
• Fasilitas, jika Eksekutif maka
dapat makan, jika Ekonomi tidak dapat makan
Contoh 3
DAFTAR UPAH HARIAN
UD. RAMA SHINTA SURABAYA
no
|
Nama karyawan
|
Jam Kerja
|
Kriteria
|
Upah
|
Bonus
|
Tunjangan
|
PPN 10%
|
Gaji Bersih
|
1
|
Dewi
|
7
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Fikar
|
9
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Budi
|
8
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Citra
|
13
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Andi
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Ismi
|
18
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Pardi
|
10
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Dion
|
11
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Petrus
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Okto
|
8
|
|
|
|
|
|
|
§ Kriteria
jika jam kerja <= 8 maka “reguler”. Jika jam kerja > 8
maka lembur
§ Upah
jika jam kerja <= 8 maka jam kerja * Rp 1000
Jika jam kerja > 8 maka 8 jam pertama * Rp 1000 di tambah
lemburnya (jam kerja-8) * Rp 2000
§ Bonus
jika jam kerja < 8 maka 0% * upah
Jika jam kerja 8 s/d 10 maka 5% * upah
Jika jam kerja > 10 maka 10% * upah
§ Tunjangan
Jika lembur maka 5% * upah, jika selain itu tidak ada
tunjangan
§ PPN
10% DARI UPAH + Bonus + Tunjangan
§ Gaji bersih =
(upah + bonus+Tunjangan) –PPN
Membuat Grafik
Dokumen OpenOffice.org
Calc tidak melulu ditampilkan dalam bentuk teks maupun dalam bentul tabeltabel
tertentu. Penyajian data dalam bentuk grafik akan memberikan nuansa tersendiri
dan terlihat profesional. Tipe grafik di OpenOffice.org Calc yang berbentuk kolom, bar, pie, line, area dan
sebagainya dipilih dan disesuaikan dengan datanya. Artinya tidak semua bentuk
grafik dapat diterapkan pada data dokumennya.
Dalam contoh ini, akan dibuat grafik dengan tipe kolom
pada dokumen tabel pengeluaran bulanan suatu perusahaan.
1. Pertama soroti dan blok datanya kemudian klik Insert | Chart, pilih
tipe grafik misalnya bentuk column. Aktifkan
atau centang tampilan 3 D bila dirasa perlu, selanjutnya klik Next
2. Langkah berikutnya adalah menentukan data range kemudian
klik Next
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image108.gif)
2. Langkah berikutnya adalah
menentukan data range kemudian klik Next
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image110.gif)
3. Data series yang sudah ada dapat
ditambah atau dihapus , klik Next untuk proses selanjutnya
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image112.gif)
Pada tahapan ini keterangan judul
dan informasi lainnya perlu diinputkan seperti title, subtitle, X axis, Y axis
dan Z axis, selanjutnya klik Finish
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image114.gif)
5. Setelah klik finish pada langkah
4 di atas, grafik berbentuk kolom 3 D akan terlihat seperti pada gambar
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image116.gif)
6. Grafik yang telah jadi dapat di
edit guna melakukan beberapa perubahan yang diperlukan. Untuk mengedit grafik
klik ganda pada area grafik tersebut selanjutnya akan muncul area (bingkai
abuabu) yang siap di edit.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image118.gif)
Memahami Lembar Kerja Presentasi
Layar utama OpenOffice.org
Impress terdiri dari 3 bagian : slides Pane, Master Pane/ Workspace,
dan Task Pane.
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image120.jpg)
Berikut ini penjelasan dari gambar
di atas :
1. Slide Pane : Bagian ini
menampilkan slide-slide yang ada pada dokumen presentasi. Daftar slide yang ada
ditampilkan sesuai dengan urutan yang ingin ditampilkan. Beberapa aksi yang
dapat dilakukan pada jendela slide adalah :
• Menambahkan slide baru pada
dokumen presentasi yang ada, setelah slide pertama
• Memberikan tanda pada slide
tertentu agar tidak ditampilkan pada presentasi
• Mengubah nama tiap slide didalam
dokumen presentasi
• Menggandakan (copy) atau
memindahkan (move) isi dari sebuah slide ke slide lainnya.
2. Master Pane : Menampilan
lembar kerja , pada lembar kerja ini perubahan-perubahan lembar kerja dilakukan
disini. Tampilan master pane terdiri atas tampilan normal, outline, note,
handout dan slide solter. Tab menu ini disebut juga sebagai View Button (Tombol
Peninjau).
Berikut fungsi bagian pada tab menu
:
• Normal View adalah tampilan
utama untuk membuat slide satu demi satu. Tampilan ini
digunakan untuk merancang slide dan
memberikan teks, gambar, dan efek animasi
• Outline View menampilkan
judul topik, list bullet, dan list nomor untuk tiap slide yang ada pada
formatoutline. Gunakan modus outline untuk mengatur ulang urutan slide,
mengedit judul dan heading, dan mengatur urutan item-item yang ada didalam
list, dan juga untuk menambahkan slide baru
• Notes view Untuk
menambahkan catatan pribadi pada tiap slide namun tidak akan ditampilkan pada
presentasi
• slide order view menampilkan
thumbnail dari tiap urutan slide. Gunakan tampilan ini untuk mengatur urutan
slide, menciptakan slide show, atau mengatur animasi perpindahan antara slide
yang satu dengan yang lain
• Handout view digunakan
untuk mencetak slide dalam bentuk kertas. Kita dapat mengatur satu halaman
terdiri dari satu, dua, tiga, empat, lima, atau enam slide.
3. Task Pane : Digunakan
untuk mengedit layout halaman, memberikan efek transisi dan animasi. Pada Task
pane terdiri dari 4 bagian, yaitu:
• Master Pages; dibagian ini
kita dapat menentukan style presentasi yang digunakan. Secara default
OpenOffice.org menyertakan 4 template yang dapat digunakan. Untuk penambahan
template dapat didownload.
• Layout; Layout pada presentasi,
OpenOffice.org menyediakan 20 model layout yang berbeda. Gunakan sesuai
kebutuhan.
• Custom Animation; bagian
ini terdapat berbagi macam efek animasi yang dapat digunakan pada setiap elemen
didalam slide. Cara membuat efek animasi akan dibahas pada bagian selanjutnya.
• slide Transition; Efek
pergantian slide. OpenOffice.org menyediakan 56 efek pergantian slide yang
berbeda. Juga ada pengaturan kecepatan pergantian slide (slow, medium, fast).
Dibagian ini juga untuk menentukan apakah pergantian slide secara otomatis
dengan rentang (delay) waktu tertentu atau pergantian slide dengan cara manual
(slide akan berganti ketika di klik)
4. Menu Bar : Berisika
menu-menu dari Open Office Impress seperti menu File, Edit, View, insert, dan
lain sebagainya
5. Tool Bar : Icon-icon yang
merepresentasikan fasiltas perintah dari OpenOffice.org.impress
6. Tittle Bar : Judul dari
lembar kerja aktif
7. Status Bar : Penjelasan
mengenai status bar seperti jumlah slide, bahasa dan lain sebagainya
Memulai OpenOffice.org Impress
Untuk memulai OpenOffice.org
Impress klik pada menu Aplikasi | Perkantoran | OpenOffice Impress atau
dapat juga dijalankan melalui aplikasi OpenOffice.org yang sedang aktif.
Caranya dari menu aplikasi aktif klik File | New | Presentasi
Ekspor File Dokumen OpenOffice ke Portable Document format
OpenOffice.org mempunyai
fasilitas untuk mengekspor file ke portable document format atau yang
lazim dikenal dengan sebutan PDF Fasilitas ini sudah terintegrasi secara
otomatis ketika OpenOffice.org tersebut terinstall ke sistem, dengan
demikian tidak perlu lagi melakukan instalasi tambahan fungsi ini Fasilitas
ekspor file ke PDF dapat dilakukan secara terkontrol untuk mengatur kualitas
serta melakukan proteksi terhadap dokumen tersebut.
Eksport File Dokumen Tidak Terkontrol
Cara ini yang paling sederhana dan
cepat untuk menyimpan file dokumen dalam format PDF. Cukup klik pada icon pada
bagian toolbar dengan settingan default.![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image122.gif)
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image122.gif)
Eksport File Dokumen Terkontrol
Cara ini adalah cara pengaturan
penyimpanan / eksport file dokumen ke dalam formatPDF secara terkontrol
misalnya pengaturan beberapa halaman yang di eksport ke PDF, pengaturan
kompresi image serta pengaturan kode sandi (password) pada dokumen.
Berikut ini langkah-langkah Eskport
fle ke PDF secara terkontrol yaitu :
1. klik menu File | Eksport as
PDF sehingga muncul kotak dialog tampilan PDF Options, dimana
terdapat 5 bagian opsi dan masing-masing opsi tersebut memiliki fungsi yang
berbeda yang dapat ditentukan sesuai dengan kebutuhan pengguna.
2. Bagian General terdapat
beberapa pilihan yaitu Range, Image dan General.
2.1 Bagian Range , menentukan
hamalan mana saja yang akan eksport ke PDf
• All, seluruh dokumen akan
di eksport menjadi PDF
• Pages, eskpor sebagian
halaman menjadi PDF
• Selections, mengekspor
semua bagian pada file yang terseleksi ke PDF
2.2 Bagian Images , menentukan
pengaturan kwalitas gambar bila di ekspor ke PDF
• Lossless compression,
gambar yang dieskpor menjadi PDF kualitasnya sama dengan pada file aslinya,
gambar pada PDF akan terlihat bagus, namun ukuran file akan menjadi lebih besar
• JPEG compression,
pengaturan tingkat kualitas gambar pada file PDF sesuai dengan
kebutuhan. Kualitas gambar terlihat
menurun namun ukuran file dapat ditekan.
• Reduce image resolution mengurangi
DPI (Dots Per Inch) gambar aslinya pada file PDF. Di sini kualitas
gambar juga menjadi berkurang
2.3 Bagian General
• Tagged PDF, menyertakan
tag-tag khusus dalam tag PDF yang sesuai. Beberapa tag yaitu mengeksport daftar
isi, hyperlinks dan controls. Namun pilihan ini dapat memperbesat
ukuran file
• Export notes, mengeskport
catatan pada dokumen Writer atau Calc sebagai catatan PDF.
• Export bookmarks,
mengeksport headings sebagai 'bookmark' pada PDF
• Create PDF form - Submit
format
• Export automatically inserted
blank pages : bagian ini tidak digunakan pada impress
• Create hybrid file,
membuat file hybrid
3. Bagian Initial Views. Pada
bagian ini berfungsi untuk meng-inialisasi tampilan atau menentukan bagaimana
file tersebut ditampilkan pada saat dibaca oleh PDF viewer. Opsi dibagian ini
terdiri atas Panes, Magnifaction dan Page Layout
![A description...](file:///C:\Users\AYU\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image124.gif)
4. Bagian User Interface, mengatur
pengaturan yang dapat dilakukan pada saat PDF viewers menampilkan file
PDF tersebut. Beberapa pilihan sangat berguna apabila kita membuat PDF yang
akan digunakan sebagai file presentasi atau display
4.1 Bagian Window options
• Resize window to initial page,
jendela PDF viewer akan sesuai dengan besar halaman pertama file PDF
tersebut
• Center window on screen,
jendela PDF viewer akan otomatis terletak pada bagian tengah layar
komputer
• Open in full screen mode,
jendela PDF viewer akan otomatis membuka dengan modus fullscreen
• Display document title,
jendela PDF viewer akan menampilkan judul dokumen pada bagian tittle
bar.
4.2Bagian User interface options
• Hide menu bar, jendela PDF
viewer akan menyembunyikan menu bar secara otomatis.
• Hide toolbar, jendela PDF viewer
akan menyembunyikan toolbar secara otomatis.
• Hide window controls,
jendela PDF viewer akan menyembunyikan jendela control, termasuk efek khusus pergantian slide pada
impress
5. Bagian Security dapat diatur
penerapan kode sandi / password untuk mengenkripsi dokumen PDF.
File PDF yang sudah di sandikan
(password) hanya dapat dibuka dengan menggunakan password permissions,
file PDF dapat dibaca oleh semua orang, namun dengan ijin terbatas dengan
mengaktifkan open password dan permission password, file PDF hanya dapat dibaca
dengan memasukkan password dan dengan ijin yang terbatas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar